7 Makanan Yang Mengandung Hormon Testosteron

makanan yang mengandung hormon testosteron

Tahu nggak Hormon Testosteron itu apa?

Hormon testosteron adalah hormon alami pria yang dibawa sejak lahir. Hormon ini berperan dalam kesuburan, fungsi seksual, otot, dan tulang pria.

Hanya saja, ada berbagai jenis makanan yang mengandung hormon testosteron untuk meningkatkan kadar hormon ini dalam tubuh manusia.

Sebab, seiring bertambahnya usia total hormon testosteron dalam tubuh pria akan berkurang sekitar 1-2 persen per tahun.

Sehingga, seluruh pria yang ada di muka bumi perlu meningkatkan kadar testosteron, untuk menjaga kesuburan dan kesehatan reproduksinya.

Meskipun hormon testosteron identik dengan pria, tetapi hormon ini juga sebenarnya ada dalam tubuh wanita, tepatnya di bagian rahim.

Pada wanita, hormon testosteron diproduksi oleh ovarium dan kelenjar adrenal. Dimana hormon ini juga berfungsi dalam mendukung sistem kerja ovarium, kekuatan tulang, sampai pada pengaruh perilaku seksualnya.

Penyebab Berkurangnya Jumlah Hormon Testosteron

Berkurangnya jumlah hormon testosteron dalam tubuh pria dan wanita, biasanya disebabkan oleh berbagai pola hidup yang kurang sehat. Seperti pola makan dan tidur yang tidak teratur, merokok, minum alkohol, dan lain-lain.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah kadar hormon testosteron pada pria. Diantaranya, melakukan perawatan medis, minum suplemen khusus, serta mengkonsumsi makanan yang mengandung hormon testosteron.

Namun, dalam kesempatan ini admin akan memberikan informasi seputar makanan yang mengandung hormon testosteron. Jadi baca dengan teliti ya!

Makanan Yang Mengandung Hormon Testosteron

Sejatinya, bertambahnya usia baik pria maupun wanita bisa berpengaruh pada kesuburannya. Nggak heran orang-orang dengan usia lanjut gairah seksualnya menurun.

Seperti yang kamu tahu, salah satu penyebab yang paling signifikan adalah berkurangnya kadar testosteron di dalam tubuh. 

Untuk mencegah hal itu terjadi, rutinlah mengkonsumsi makanan yang mengandung hormon testosteron berikut ini :

1. Jahe

manfaat jahe untuk kesehatan

Jahe adalah salah satu rempah yang sangat baik untuk kesehatan. Nggak heran jahe dipakai sebagai obat dan minuman kesehatan atau yang sering di sebut jamu.

Sebab, jahe mengandung berbagai zat dan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti Vitamin C, Magnesium, Gingerols, Shogaols, dan Zingerones.

Manfaat Vitamin C dan Magnesium dalam jahe adalah untuk meningkatkan imunitas dalam tubuh dan memperkuat jaringan otot. Sedangkan Gingerols, Shogaols, dan Zingerones berfungsi sebagai antioksidan.

Selain itu, beberapa penelitian terdahulu mengungkapkan bahwa jahe dapat meningkatkan kesuburan pria dewasa jika dikonsumsi secara teratur selama 3 bulan berturut-turut.

2. Buah Delima

kadar testosteron buah delima

Pome atau dalam bahasa Indonesia disebut  buah delima ternyata punya manfaat untuk menaikan kadar testosteron dalam tubuh manusia.

Buah delima memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas. Selain meningkatkan kesuburan, buah delima juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan jantung hingga mengurangi stress.

3. Tiram

kandungan testosteron pada tiram

Tiram adalah spesies kerang yang hidup sekitar pantai. Berdasarkan penelitian, tiram mengandung zinc yang banyak dibandingkan jenis makanan laut lainnya. 

Zinc memiliki manfaat baik untuk sistem reproduksi pria, seperti meningkatkan jumlah sperma dan kadar testosteron.

Pria yang punya masalah dengan jumlah zinc rendah bisa berakibat pada beberapa masalah lainnya, seperti terlambatnya kematangan seksual hingga impotensi.

4. Susu

susu yang mengandung hormon testosteron

Seperti yang kamu tahu, susu mengandung banyak nutrisi penting yang baik untuk tubuh, misal : kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang terkandung dalam susu.

Rutin minum susu setiap hari, sama dengan mengkonsumsi Vitamin D dengan jumlah yang banyak. Selain baik untuk tulang dan gigi, kadar Vitamin D dalam susu juga bisa meningkatkan hormon testosteron dengan signifikan. 

5. Sayuran Hijau

nutrisi sayuran hijau untuk meningkatkan hormon testosteron

Ternyata, mineral yang baik untuk tubuh bukan hanya didapatkan dari makanan laut seperti kerang atau tiram saja. Akan tetapi, kamu juga bisa mendapatkan kebaikan mineral dari berbagai jenis sayuran hijau.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, mineral adalah salah satu nutrisi yang bisa meningkatkan hormon testosteron.

6. Ikan Laut

manfaat ikan laut

Berbagai makanan laut memang mengandung banyak nutrisi lengkap dan seimbang untuk kesehatan tubuh, salah satunya ikan.

Ikan mengandung Omega-3 yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma dalam tubuh pria. Dengan begitu, rutinlah mengkonsumsi ikan laut untuk mendapatkan hormon testosteron yang tinggi. 

7. Minyak zaitun

manfaat minyak zaitun

Terakhir, makanan yang mengandung hormon testosteron adalah minyak zaitun. Minyak ini memiliki kandungan Vitamin E, Antioksidan serta lemak tak jenuh tunggal.

Berbagai kandungan itu, diyakini memiliki kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas air mani pria juga hormon testosteron. 

Kesimpulan

Mempunyai sistem reproduksi yang sehat adalah poin penting dalam menjaga kualitas kesuburan, baik pria maupun wanita. 

Salah satu cara menjaga kesuburan dan kesehatan sistem reproduksi adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung hormon testosteron.

Sebab, hormon testosteron berperan penting dalam menentukan gairah seksual yang bisa menjaga keharmonisan setiap pasangan suami-istri.

Konsumsilah 7 jenis makanan yang mengandung hormon testosteron diatas mulai hari ini!

Semoga bermanfaat!

Salam,

Mei

JANGAN KETINGGALAN PROMO TERBARU

Daftarkan emailmu untuk menerima promo, kode kupon, voucher dan informasi belanja terbaru dari Sadiskon. Gratis!

Scroll to Top