BNIB vs BNWB Apa Bedanya? Kamu wajib tahu ini sebelum beli barang online

Ilustrasi sepatu BNIB brand new in the box

Kalau kamu sering belanja online, pasti sering dengar 2 istilah ini. BNIB dan BNWB. Terus apa beda dari kedua singkatan ini? Yuk kita kupas tentang apa itu BNIB dan BNWB!

Arti singkatan BNIB

Kepanjangan BNIB adalah Brand New In the Box. Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti Barang Baru di Dalam Dus ( Boks).

Istilah ini umumnya digunakan oleh penjual yang menjual barang-barang baru yang masih segel. Istilah BNIB ini adalah klaim dari penjual bahwa produk masih baru dan masih di dalam kotak kardus aslinya. Istilah BNIB ini juga jadi salah satu bentuk klaim bahwa barangnya adalah asli sesuai dengan barang resmi dari pabrikan.

Penggunaan istilah BNIB bisa dipakai untuk barang apa saja. Misalnya ponsel baru BNIB, sepatu atau sneakers, atau barang elektronik.

Arti singkatan BNWB

Beda tipis dengan BNIB di atas, istilah BNWB juga dipakai untuk mengacu pada barang yang masih baru tapi dijual tanpa box kardus.

Ya! Barang BNWB ini adalah barang yang pada paket penjualannya tidak menyertakan kardus atau box kemasan aslinya.

BNWB adalah singkatan dari Brand New Without Box atau ada juga yang mengartikan Brand New With Replace Box. Jika di-Bahasa Indonesia-kan artinya Barang Baru Tanpa Kardus atau Barang Baru Dengan Kardus Pengganti.

Sesuai dengan arti istilah di atas, maka BNWB ini bisa mengacu pada barang baru yang dijual tanpa box kemasan sama sekali atau barang baru yang dijual dengan kardus tapi bukan kardus aslinya.

Nah, sekarang yang jadi pertanyaan; “Barang baru tanpa kardus? Kok bisa?

Dikutip dari berbagai sumber, jadi barang BNWB ini adalah barang asli pabrikan yang belum rilis atau belum resmi diluncurkan. Sehingga dijual tanpa dus resmi. Istilah gampangnya, BNWB adalah barang hasil bocoran atau barang contoh yang dijual.

Istilah BNWB ini lebih sering digunakan untuk produk-produk sneakers atau sepatu secara umum. Baik di online marketplace ataupun Instagram dan platform lain.

Beli BNIB atau BNWB?

Barang BNWB memang mungkin lebih murah harga jualnya. Dengan klaim barang baru, pastinya ini menarik banget untuk dibeli.

Tapi, kamu perlu berhati-hati. Meskipun barang BNWB diklaim sebagai barang baru asli sesuai pabrikan, tapi bukan tidak mungkin barang tersebut imitasi. Apalagi jika kamu termasuk yang belum bisa membedakan barang asli original dan KW dengan teliti.

Sedangkan jika kamu termasuk orang yang teliti dan tahu apa cirinya barang ori terutama hanya via gambar di postingan IG atau marketplace. Maka beli barang BNWB ini bisa jadi peluang menghemat.

Kesimpulan

Semoga bermanfaat 🙂

JANGAN KETINGGALAN PROMO TERBARU

Daftarkan emailmu untuk menerima promo, kode kupon, voucher dan informasi belanja terbaru dari Sadiskon. Gratis!

Scroll to Top