scroll untuk lanjut membaca
02 Dec 2023

Apakah Barang di Zalora pasti Original? Yuk Kita cari tahu!

Apakah Zalora Ori?

Artikel ditulis oleh Kang Akhyar

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!

Sebagian orang masih ngeri-ngeri sedap buat belanja online. Gak heran sih, karena memang kita masih sering mendengar kekecewaan pembeli online hampir di mana-mana. Dari mulai isi gak sesuai, barang KW dibilang ori, dan lain-lain.

Tapi itu bukan melulu karena kecurangan seller alias penjual aja ya! Kadang sifat kurang teliti pembeli juga masih sering terjadi. Lihat harga murah, langsung checkout tanpa ngecek deskripsi dan review-nya.

Kejadian-kejadian kayak di atas, rata-rata itu di marketplace. Misalnya Shopee, atau Lazada. Nah, terus gimana sama Zalora? Barang yang dijual di Zalora palsu atau asli? Yuk kita bahas!

E-Commerce vs Marketplace

Sekilah dua istiliah ini sering bisa ditukar-tukar penggunaaanya. Tapi makin ke sini kita makin lebih familiar sama istiliah yang ke-dua, Marketplace. Mungkin karena sering disebut di konten-konten sosial media ya?

Sebenarnya menurut pemahaman mimin, marketplace juga adalah bentuk lain dari e-commerce. Karena ya memang sama-sama menjual barang secara elektronik ( electronic commerce ). Tapi spesifiknya, marketplace bersifat lebih mirip pasar atau mall daripada toserba atau swalayan. Jadi penjualnya bersifat "independen" menjual barangnya sendiri. Marketplace hanya sebagai fasilitator dan tempat jualannya saja.

Zalora termasuk Marketplace?

Sekarang, apakah Zalora termasuk jenis marketplace? Hmm.... kita ambil referensi dulu yuk!

Melansir Wikipedia, Zalora adalah toko daring (online) yang khusus menjual produk dengan kategori mode (fashion) dan kecantikan. Selain di Indonesia, perusahaan yang berkantor pusat di Singapura ini juga beroperasi di Malaysia, Singapura, Hongkong, Filipina, Thailand, Vietnam dan Brunei.

Dari website-nya, Zalora memberi kesempatan kepada pemilik brand untuk berjualan di platform mereka. Dari informasi ini, kita bisa ambil kesimpulan bahwa Zalora termasuk Marketplace.

Nah, sekarang kembali ke inti awal. Barang yang dijual di Zalora apakah original? Atau ada yang palsu / KW?

Apakah Zalora ORI?

Sebagai marketplace online, barang yang dijual di Zalora dijual oleh berbagai Seller. Sehingga akan timbul pertanyaan, apakah Zalora ori? apa barang branded yang ada di Zalora pasti asli?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kami lampirkan screenshot persyaratan untuk bergabung menjadi Seller atau penjual di Zalora.

Syarat menjadi Seller Zalora

Syarat menjadi Seller Zalora

Dari informasi ini, secara umum walaupun Zalora membuka kerjasama untuk menjadi Seller tapi ternyata kriterianya lumayan ketat. Bahkan harus melewati proses review dulu oleh tim internal Zalora.

Dan di kriteria poin nomor 1, disebutkan bahwa barang harus "Otentik dan Original, 0 toleransi untuk produk palsu".

Nah setelah kita lihat poin nomor 1 ini dan kriteria-kriteria lainnya, kita bisa ambil kesimpulan bahwa produk yang dijual di Zalora "bisa dipastikan" ORI dan bukan barang palsu.

Kesimpulannya

Jadi inti dari pertanyaan apakah Zalora ori adalah secara singkat "ORI". Dan kalau ditanya kenapa kesimpulannya begitu, ada 2 sebab:

  • Syarat jadi Seller / penjual di Zalora sangat ketat, gak semua orang bisa dengan mudah memenuhi syarat ini.
  • Kalo pun memenuhi syarat, masih ada proses review oleh tim Zalora yang pastinya gak kalah ketat dengan syaratnya.

Semoga informasi ini bermanfaat, dan buat kamu yang ragu belanja di Zalora bisa lebih tenang buat checkout. Kalau mau belanja lebih hemat di Zalora, jangan lupa cek update kupon Zalora dan promo terbarunya di Sadiskon.

Bye!

Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!