Backpacker Perlu Tahu! 5 Negara Eropa Yang Murah Dan Wajib Dikunjungi

negara eropa dengan biaya termurah

Pernah berkunjung ke Benua Eropa?

Jika belum, kami punya 5 daftar negara eropa yang murah dan wajib dikunjungi. Simak artikel ini sampai tuntas ya!

Jika mendengar nama Eropa, mungkin yang terbesit di benak kamu adalah ikon-ikon yang sangat mendunia, seperti Menara Eiffel di Prancis, Kincir Angin di Belanda, atau Colloseum di Italia.

Eropa memang selalu menyajikan keindahan dan meninggalkan kerinduan agar selalu dikunjungi.

Nggak heran, kebanyakan orang Indonesia lebih memilih travelling ke Eropa dibandingkan benua lainnya. 

Tapi, untuk bertandang ke berbagai negara di Eropa nggak cukup dengan biaya sedikit. Anda perlu menyiapkan dana yang lumayan besar untuk bisa berkunjung kesana.

Oleh sebab itu, mayoritas orang Indonesia yang berkunjung ke Eropa adalah masyarakat yang berkecukupan. Lalu, bisakah orang-orang seperti kita melancong ke Benua Eropa?

Jawabannya pasti bisa!

Sebab, ada beberapa Negara Eropa yang murah dan bisa kamu kunjungi dengan dana yang pas-pasan.

5 Negara Eropa Yang Murah dan Wajib Untuk dikunjungi

1. Turki

negara eropa yang murah

Negara Eropa yang wajib dikunjungi pertama adalah Turki. Turki adalah negara yang terletak diantara dua benua, yakni  Asia dan Eropa atau yang terkenal dengan sebutan Eurasia.

Negara ini 95% daratannya berada di benua Asia, sedangkan sisanya atau 5% lagi berada di benua Eropa. Hanya saja, Turki memiliki kota yang sangat terkenal dimana letaknya berada di benua Eropa, yakni Istanbul.

Tahukah kamu? 

Istanbul merupakan kota terpadat nomor 3 di Eropa setelah Moskow dan Paris. Meskipun begitu, Istanbul memiliki berbagai bangunan ikonik yang menjadi daya tarik turis dari mancanegara, termasuk Indonesia.

Kamu bisa mengunjungi sebuah masjid yang berada diatas bukit Istanbul dan baru diresmikan oleh Presiden Turki, Erdogan pada 2019 silam.

Masjid ini diberi nama Masjid Agung Camlica, karena letaknya yang berada di atas bukit Camlica, Turki.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi situs bersejarah yang ada di Istanbul, seperti Hagia Sophia. 

Bukan itu saja, menjelajahi kawasan hipster (tempat nongkrong anak muda), seperti Kadikoy juga bisa kamu lakukan untuk mencicipi pizza Turki, remis kerang dan lain-lain.

Untuk bisa menghabiskan waktu di negara Eropa yang murah ini, kamu cukup mengeluarkan dana sekitar 196 lira atau 316 ribu rupiah per harinya. 

2. Jerman

negara eropa yang wajib dikunjungi

Jerman adalah negara Eropa yang murah dan juga wajib kamu kunjungi berikutnya. Sebab, Jerman menyediakan berbagai penginapan murah, jadi kamu bisa tidur nyenyak tanpa perlu memikirkan biaya sewa.

Disana kamu bisa menemukan berbagai hostel dengan tarif yang sangat terjangkau, mulai dari 30 sampai dengan 90 euro, atau setara dengan 500 ribu – 1,5 juta per malam dengan fasilitas kamar mandi pribadi.

Selain itu, kamu juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas Jerman yang dijual mulai harga 3 euro saja.

Kamu juga bisa menjelajahi setiap sudut kota Berlin yang sangat terkenal dengan situs-situs bersejarah.

Hanya saja, jika kamu ingin mendatangi kawasan hipster yang terkenal di Jerman, kamu perlu mengunjungi daerah Kreuzberg di Berlin. 

Disana kamu akan menemukan tembok-tembok yang dipenuhi dengan gambar beraneka ragam (grafiti), juga warna-warna yang sangat menarik. 

Biasanya Kreuzberg selalu dipenuhi anak-anak muda yang bersantai di kedai kopi atau berbelanja di butik yang ada disepanjang jalan. 

Bukan itu saja, jalan setapak yang teduh di sepanjang kanal Landwehr selalu menarik perhatian para pejalan kaki, pesepeda atau orang-orang yang ingin bersantai.

Kalau kamu ingin menikmati gairah hipster disana, jangan lupa untuk datang ke Kreuzberg – Berlin saat kamu berkunjung ke Jerman.

Sebab, sampai sekarang kawasan ini masih menjadi tempat wisata anti mainstream di Jerman.

3. Spanyol

kota yang wajib dikunjungi di spanyol

Punya rencana melanjutkan studi di Eropa?

Spanyol adalah negara yang bisa kamu jadikan pilihan. Sebab, Spanyol termasuk dalam salah satu negara dengan biaya hidup terendah di Eropa, termasuk biaya kuliahnya.

Spanyol juga dikenal dengan pantai dan arsitekturnya yang unik. Kamu bisa mengunjungi berbagai bangunan bersejarah yang ada di Spanyol, seperti museum Prado, Alcazaba, dan lain-lain.

Jika dibandingkan dengan beberapa negara Eropa lainnya, Spanyol merupakan negara dengan perbedaan yang cukup signifikan.

Disini kamu akan menemukan tarif restoran atau harga makanan di supermarket yang sangat murah. 

Untuk bisa makan enak di restoran, kamu cukup merogoh kocek sekitar 15 sampai 20 euro, atau sekitar 250 ribu sampai 330 ribu saja. 

Bahkan, jika kamu mau mencicipi berbagai hidangan lokal, kamu hanya perlu mengeluarkan dana sekitar 6 sampai 8 euro saja (100 ribu – 130 ribu).

Selain mengunjungi museum dan restoran murah di Spanyol, kamu juga bisa mendatangi kota-kota yang terkenal seperti Barcelona atau Madrid untuk melihat kemegahan stadion Camp Nou dan Alfredo Di Stefano.

4. Ukraina

wisata murah di negara eropa

Tak kalah menarik, Ukraina menjadi salah satu negara Eropa yang murah dengan berbagai destinasi mempesona. Negara Eropa yang wajib dikunjungi ini punya ibu kota yang bernama Kiev.

Kiev disebut-sebut sebagai pusat kebudayaan di Ukraina. Disana kamu akan disuguhkan dengan berbagai bangunan artistik yang bisa memanjakan pandangan. 

Kamu juga bisa mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah seperti museum, tempat ibadah atau sebagainya. 

Selain pusat kota, negara Eropa yang murah ini juga memiliki wisata alam yang tak kalah mempesona, diantaranya Marble Arch Caves, Askania Nova, Tunnel of Love, Bukovel Ski Resort, dan lain-lain.

Kalau kamu berkunjung ke Ukraina pada musim dingin, Bukovel Ski Resort adalah destinasi yang wajib untuk dikunjungi. Kamu bisa bermain ski sepuasnya dengan tarif mulai dari 700 ribuan saja. 

5. Serbia

daftar wisata murah di negara eropa

Serbia adalah negara Eropa yang wajib dikunjungi oleh pecinta hiburan. Sebab, Serbia punya Beograd yang dikenal sebagai tempat yang dipenuhi oleh berbagai objek wisata.

Disana kamu akan menemukan bangunan bersejarah yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara, seperti Benteng Beograd dan Gereja Santo Sava.

Jika kamu berniat liburan di Serbia, luangkanlah waktu untuk melihat berbagai tempat menarik di Beograd. Karena, untuk bisa berlibur dan menghabiskan waktu di Beograd, kamu hanya perlu menyiapkan dana 409 ribu per hari. 

Kesimpulan

Itulah 5 negara Eropa yang murah dan wajib kamu kunjungi. Berkunjung ke negara-negara yang ada di Eropa memang menjadi trend bagi orang-orang berduit. 

Tapi, nggak cuma konglomerat yang bisa travelling ke luar negeri kok. Dengan 5 rekomendasi negara Eropa yang murah diatas, kamu bisa menjadi turis dengan budget minimalis. Happy Travelling!

Salam,

Mei

Scroll to Top