10 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut dan Wajah

manfaat minyak zaitun untuk rambut dan wajah

Sudah tahu apa saja manfaat minyak zaitun untuk rambut dan wajah? Jika belum, simak artikel ini sampai tuntas ya!

Sebab, dalam artikel ini saya akan membahas macam-macam manfaat minyak zaitun untuk rambut dan wajah.

Seperti yang kamu tahu, minyak zaitun adalah minyak yang berasal dari ekstrak buah zaitun, atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan sebutan olea europaea.

Minyak zaitun atau olive oil ini punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, diantaranya untuk rambut dan wajah.

Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung lemak dan kalori yang cukup tinggi. Meskipun begitu, lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun merupakan lemak tak jenuh atau yang diketahui sebagai lemak baik.

Selain itu, minyak zaitun juga memiliki sifat antioksidan yang bisa melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Juga kaya akan omega 3, omega 6, vitamin E dan vitamin K yang bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian mu.

Adapun beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut dan wajah sebagai berikut

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut

Olive oil (minyak zaitun) kaya akan vitamin dan mineral seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Berbagai kandungan tersebut bisa menutrisi rambut dan kulit kepala. 

Inilah 5 manfaat minyak zaitun untuk rambut :

1. Mencegah Kerusakan Rambut

Kandungan omega 3 dan 6 pada minyak zaitun dipercaya dapat meningkatkan ketahanan rambut dan mencegahnya dari kerusakan, seperti rambut kasar, patah-patah, hingga bercabang.

Mengusapkan minyak zaitun beberapa saat setelah keramas, bisa melindungi rambutmu dari berbagai permasalahan yang disebabkan paparan sinar matahari. 

Kedua, manfaat minyak zaitun untuk rambut rontok. Jika kamu mengalami kerontokan rambut yang cukup parah, gunakan vitamin untuk rambut, shampo pencegah rambut rontok, serta minyak zaitun.

2. Mencegah Rambut Rontok

manfaat minyak zaitun untuk rambut

Menggunakan shampo dan vitamin untuk rambut rontok yang diiringi dengan memakai minyak zaitun secara rutin bisa mencegah kerontokan.

Sebab, berbagai kandungan dalam minyak zaitun bisa menutrisi dari akar hingga ujung rambut. Dengan begitu, nggak akan ada lagi yang namanya rambut rontok.

3. Menghaluskan Rambut

Selain menghaluskan kulit, kandungan vitamin E pada minyak zaitun juga bisa melembabkan dan menghaluskan rambut kamu lho.

Jadi rambut kamu bisa terlihat lebih lembut, lembab dan bercahaya, berkat pemakaian rutin minyak zaitun.

4. Menghilangkan Ketombe

manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe

Tau nggak, apa penyebab timbulnya ketombe di rambut?

Salah satunya adalah terjadinya dehidrasi pada kulit kepala yang menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan mengelupas.

Minyak zaitun memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang sangat dibutuhkan oleh rambut dan kulit kepala dengan kondisi tersebut, untuk mengurangi pengelupasan kulit kepada dan munculnya ketombe.

5. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Poin terakhir ini sebenarnya masih berkaitan dengan poin kedua (mencegah rambut rontok). Sebab, manfaat minyak zaitun untuk rambut botak atau rontok, salah satunya dengan mempercepat pertumbuhan rambut baru.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

Menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung bahan-bahan kimia memang tidak dilarang, selama bahan-bahan tersebut aman.

Hanya saja, setiap produk kimia memiliki efek samping tersendiri jika digunakan setiap hari. Ada kalanya, memanfaatkan bahan-bahan alami untuk merawat kesehatan kulit justru lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk merawat kulit wajah adalah minyak zaitun. Penggunaan minyak zaitun secara teratur bisa memberikan hasil yang nggak kalah baik. 

Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah :

1. Melembabkan Kulit Wajah

Seperti yang kamu ketahui dan telah dijelaskan sebelumnya, minyak zaitun mengandung berbagai nutrisi baik, salah satunya vitamin E.

Vitamin E dalam minyak zaitun bisa membantu melembabkan kulit wajah yang kering. Sebab, kekeringan pada kulit bisa menyebabkan berbagai masalah lain, seperti kulit mengelupas, keriput, hingga iritasi.

Sehingga perlu dilakukan perawatan alami menggunakan minyak zaitun untuk mengembalikan kelembaban kulit wajah kamu secara menyeluruh.

2. Mengatasi Masalah Kulit Wajah

Selain berbagai kandungan vitamin dan mineral yang telah disebutkan di atas, minyak zaitun juga mengandung oleocanthal yang bisa menghilangkan ketidaknyamanan di wajah, seperti rasa gatal dan perih akibat kulit kering.

Kamu bisa menggunakan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam semangkuk kecil air hangat, kemudian usapkan menggunakan selembar kapas di area yang bermasalah.

3. Membantu Menghilangkan Bekas Jerawat

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah, mulai dari cara sederhana hingga menjalani serangkaian perawatan di klinik kecantikan. 

Namun, jika menggunakan cara sederhana saja bisa membantu memudarkan bekas jerawat yang membandel, kenapa harus pakai cara mahal?

Salah satu cara sederhana yang bisa kamu pilih untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan rutin mengoleskan minyak zaitun tepat di area bekas jerawat. 

Dengan pemakaian yang rutin, minyak zaitun bisa memudarkan secara perlahan bekas jerawat yang membandel.

4. Membersihkan Riasan Wajah

Selain mengatasi berbagai masalah wajah, ternyata minyak zaitun juga bisa dipakai sebagai micellar water atau pembersih make up

Kamu bisa menghapus riasan wajah menggunakan kapas dan minyak zaitun sebelum membilasnya menggunakan air bersih.

Berikan sedikit pijatan lembut di wajah kamu untuk mendapatkan sensasi rileks setelah menggunakan make up seharian.

5. Alternatif Scrub wajah

Lulur wajah kamu habis? Tenang, pakai alternatif scrub lain saja. Salah satunya dengan racikan minyak zaitun yang dicampur sedikit garam. 

Cara ini dipercaya bisa mengangkat kotoran, komedo, serta sel-sel kulit mati di wajah, khususnya di area sekitar hidung.

Kesimpulan

Memiliki rambut dan kulit yang sehat, terawat serta terbebas dari segala permasalahannya adalah poin utama yang bisa kamu dapatkan dari manfaat minyak zaitun.

Rajin-rajinlah menggunakan minyak zaitun di setiap anggota tubuhmu, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Sebab, kandungan nutrisinya sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Itulah 10 manfaat minyak zaitun untuk rambut dan wajah versi Sadiskon. Semoga artikel ini dapat membantumu mendapatkan informasi seputar minyak zaitun yang kamu butuhkan.

Semoga bermanfaat!

Salam,

Mei

JANGAN KETINGGALAN PROMO TERBARU

Daftarkan emailmu untuk menerima promo, kode kupon, voucher dan informasi belanja terbaru dari Sadiskon. Gratis!

Scroll to Top