7 Jenis Makanan Untuk Orang Yang Susah Gemuk

makanan untuk orang yang susah gemuk

Punya tubuh kurus kering tanpa daging? Konsumsilah berbagai jenis makanan untuk orang yang susah gemuk dibawah ini.

Memiliki tubuh ideal (tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus) adalah dambaan hampir setiap orang. Sebab, tubuh yang terlalu gemuk juga terlalu kurus bisa berdampak pada beberapa masalah.

Misalnya, memiliki tubuh gemuk sangat beresiko terkena penyakit diabetes dan juga obesitas. Sedangkan tubuh yang terlalu kurus, bisa berdampak pada penurunan kepadatan tulang atau BMD ( Bone Mineral Density).

Berkurangnya kepadatan tulang justru bisa menyebabkan kamu rentan terkena penyakit tulang (osteoporosis). 

Lalu, tahukah kamu penyebab badan kurus susah gemuk? 

Jika belum tahu, simak beberapa penjelasan berikut ini, agar kamu tahu apa saja penyebab badan kurus susah gemuk. Selain itu, admin juga akan memberikan beberapa rekomendasi makanan untuk orang yang susah gemuk.

Yuk disimak!

Penyebab Badan Kurus Susah Gemuk

Dilansir dari beberapa artikel kesehatan, ada berbagai faktor penyebab badan kurus susah gemuk yang menyulitkanmu menaikan berat badan. Adapun beberapa penyebabnya sebagai berikut :

1. Faktor Genetik (Keturunan)

Faktor utama penyebab badan kurus susah gemuk adalah genetika bawaan (faktor keturunan). Walau terdengar aneh, ternyata memang benar adanya faktor keturunan yang menyebabkan seseorang susah gemuk, meskipun sudah makan banyak.

Hal ini biasanya ditandai dengan beberapa anggota keluarga, termasuk ayah atau ibu yang memiliki badan kurus. Sebab, faktor keturunan sangat mempengaruhi sifat seseorang dalam merespon makanan.

Umumnya, orang yang punya garis keturunan susah gemuk, akan sulit menaikan berat badannya meskipun sudah berusaha keras dengan melakukan berbagai upaya, termasuk makan secara berlebihan.

2. Kekurangan Gizi

Pernah dengar istilah Malagizi atau Malnutrisi?

Itu meruakan suatu keadaan dimana tubuh tidak mendapatkan cukup gizi atau nutrisi sehingga berat badanya sulit meningkat.

Kekurangan gizi ini biasanya disebabkan oleh pola makan yang buruk, sistem pencernaan yang tidak baik, atau beberapa penyebab lainnya.

Saat seseorang mengalami kekurangan gizi, tentu saja hal itu menjadi penyebab badan kurus susah gemuk. Jika sudah seperti ini, orang dengan Malnutrisi membutuhkan asupan yang bisa menaikan berat badanya.

3. Minum Alkohol

Tahukah kamu?

Alkohol yang masuk ke dalam tubuh akan diserap oleh darah dan kemudian dialirkan ke seluruh organ. Jika kamu terlalu sering minum alkohol bisa menyebabkan nafsu makan yang menurun.

Hal ini disebabkan oleh terjadinya tekanan pada sistem syaraf, akibat darah mengalirkan zat-zat yang terkandung dalam alkohol ke seluruh organ dalam.

Jika kamu berniat menaikan berat badan, hindari mengkonsumi alkohol dan ganti dengan minuman uang lebih menyehatkan, seperti jus atau amu.

3. Sering Begadang

Seperti yang Rhoma Irama sampaikan dalam lagunya, begadang memang tidak baik jika tidak ada artinya (kondisi yang mengharuskan begadang).

Kondisi yang mengharuskan begadang disini, misalnya seperti mengurus bayi baru lahir atau orang sakit. Jika itu semua tidak terjadi padamu, hindari begadang mulai saat ini.

Sebab, terlalu sering begadang bisa membuat kamu susah gemuk. Hal ini dikarenakan, waktu tidur yang tidak stabil bisa berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh yang tidak berjalan normal, khususnya dalam penyerapan nutrisi.

4. Tuberkulosis

Pernah lihat orang dengan penyakit infeksi paru-paru (Tuberkulosis) punya badan yang tidak gemuk?

Hal ini karena orang dengan penyakit Tuberkulosis atau yang sering disebut TBC punya daya tahan tubuh lemah.

Ini merupakan efek dari sistem kerja metabolisme tubuh yang bekerja lebih keras untuk melawan bakteri tuberkulosis, yang menjadi penyebab badan kurus susah gemuk.

Jika kamu atau orang disekitar terserang penyakit ini, hindari kontak langsung dengan orang lain atau orang yang menderita TBC, untuk menghindari penularan. 

Sebab, proses penularan penyakit jenis ini sangat cepat dan hanya melalui sistem pernafasan saja.

6. Hipertiroidisme

Jika kamu sering merasakan jantung berdebar-debar dan mudah berkeringat setiap waktu, segera periksakan diri ke dokter. 

Sebab, penyakit hipertiroidisme atau berlebihnya hormon tiroid dalam tubuh ditandai dengan dua gejala tersebut. 

Sama seperti TBC, penyakit hipertiroidisme juga menyebakan sistem kerja metabolisme meningkat yang menjadi penyebab badan kurus susah gemuk.

7. Stress Berkepanjangan

penyebab badan kurus susah gemuk

Penyebab badan kurus susah gemuk yang terakhir adalah stress yang berkepanjangan. Stress berkepanjangan bisa menyebabkan nafsu makan seseorang menjadi terganggu.

Ada orang yang nafsu makannya meningkat saat stress untuk melupakan semua masalah-masalanya. Ada juga orang yang justru nafsu makannya menurun dalam keadaan stress, hingga membuatnya tidak ingin makan sama sekali.

Jika kamu punya berbagai masalah yang menyebabkan stress, tidak ada salahnya konsultasikan ke orang-orang terdekat, seperti orang tua dan sahabat untuk medapatkan solusi.

Itulah 7 penyebab badan kurus susah gemuk yang kami rangkumkan khusus untuk kamu. Selanjutnya, yuk simak jenis-jenis makanan untuk orang yang susah gemuk berikut ini.

Makanan Untuk Orang Yang Susah Gemuk

Seperti yang telah dijelaskan diatas, ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang sulit menaikan berat badan, meskipun orang tersebut sudah makan dengan porsi banyak.

Untuk mengatasinya, berikut kami berikan rekomendasi makanan untuk orang yang susah gemuk agar badannya lebih berisi.

1. Nasi

makanan untuk orang yang susah gemuk

Bagi orang indonesia, nasi adalah makanan pokok yang wajib dikonsumsi setiap hari. Sebab, seseorang belum dikatakan makan, jika dalam sehari belum memakan nasi.

Jika selama ini kamu mengira nasi hanya mengandung karbohidrat, nyatanya nasi juga mengandung nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh, seperti kalori.

Dalam sepiring nasi (2 centong) terdapat 350 kalori dan 80 gram karbohidrat. Itulah sebabnya orang-orang yang ingin diet selalu menghindari nasi.

Begitupun sebaliknya, orang-orang yang ingin menaikan berat badan disarankan mengkonsumsi nasi bersama dengan beberapa jenis lauk pauk. Dengan begitu, kebutuhan kalori kamu bisa tercukupi dan berat badan meningkat.

2. Daging Merah

makanan untuk menaikan berat badan

Selain kalori, daging merah juga mengandung lemak dan asam amino yang bisa membantu menaikan berat badan. 

Bayangkan berapa lemak dan kalori yang bisa masuk ke dalam tubuhmu, jika mengkonsumsi olahan daging merah seperti steak bersama dengan kentang goreng dan sayuran lainnya. 

Tentu saja itu bisa menjadikan makanan untuk orang yang susah gemuk dengan penyajian yang lezat.

3. Alpukat

Perlu kamu ketahui, jika alpukat merupakan satu-satunya buah yang mengandung lemak tinggi dibandingkan jenis buah lain. 

Jika mengkonsumsi alpukat dalam jumlah banyak atau dengan menambahkan gula dan susu untuk dibuat jus, kamu bisa menambah berat badanmu secara signifikan

4. Kacang

Selain alpukat, ternyata kacang juga mengandung lemak cukup yang bisa dijadikan makanan untuk orang yang susah gemuk. Kacang mengandung lemak omega-3, vitamin E, serat dan kalori yang dapat menaikan berat badan kamu.  

5. Susu

Seperti yang kamu tahu, susu mengandung banyak nutrisi baik yang penting untuk tubuh, diantaanya karbohidrat, lemak, protein, kalsium dan lain-lain.

Saat ini, sudah banyak susu khusus untuk meningkatkan berat badan, salah satunya appeton wieght gain. Mengkonsumsi susu penambah berat badan 2-3 gelas perhari bisa menambah bobot tubuh secara akurat.

6. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu varian susu yang bisa dijadikan makanan untuk orang yang susah gemuk. Sebab, yogurt mengandung lemak dan kalori yang penuh, yang bisa membantu meningkatkan berat badan kamu menjadi lebih berisi.

7. Keju

makanan penambah berat badan

Terakhir, makanan untuk orang yang susah gemuk adalah keju. Sama seperti yogurt, keju juga merupakan makanan yang terbuat dari susu dan telah diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan rasa yang lezat.

Kamu bisa menambahkan keju ke dalam berbagai makanan dan minuman untuk menambah kelezatan saat menikmatinya. 

Kesimpulan

Memiliki berat badan yang terlalu kurus selain kurang nyaman dipandamg, juga bisa menyebabkan berbagai penyakit yang telah disebutkan diatas.

Beragam faktor penyebab badan kurus susah gemuk, bisa diatasi dengan mengkonumsi makanan untuk orang yang susah gemuk secara teratur.

Kamu bisa memilih salah satu atau sekaligus beberapa makanan di atas dalam rangka mendapatkan berat badan ideal (lebih beirisi). 

Somoga bermanfaat!

Salam,

Mei

JANGAN KETINGGALAN PROMO TERBARU

Daftarkan emailmu untuk menerima promo, kode kupon, voucher dan informasi belanja terbaru dari Sadiskon. Gratis!

Scroll to Top