Rumah Bebas Racun ! 7 Jenis Tanaman Hias Indoor Penyerap Polutan

Tanaman Hias Indoor Penyerap Polutan

Lagi cari jenis tanaman hias indoor penyerap polutan yang bisa bersihkan udara di rumah? Tenang, kami sudah menyiapkan 7 jenis tanaman hias pembersih udara yang recomended!

Meletakan tanaman hias di sudut-sudut ruangan memang dapat memberikan kesan fresh. Tapi, sebaiknya kamu nggak asal pilih tanaman hias untuk diletakan di dalam rumah. 

Kamu perlu memilih jenis tanaman hias indoor penyerap polutan yang bisa membersihkan udara kotor sekaligus mempercantik setiap sudut rumahmu.

Dengan begitu, setiap ruangan di rumahmu memiliki kualitas udara yang baik dan juga terlihat menarik. Lantas, apa saja tanaman hias kekinian yang bisa menyerap racun di udara? Check this out!

7 Jenis Tanaman Hias Indoor Penyerap Polutan

1. Chinese Evergreen

tanaman hias indoor penyerap pulutan

Chinese Evergreen (Aglaonema) atau yang juga disebut dengan nama Sri Rejeki adalah salah satu tanaman hias indoor penyerap polutan yang sangat terkenal.

Bahkan tanaman ini sudah ditetapkan oleh NASA sebagai salah satu jenis tumbuhan yang efektif menghilangkan polutan rumah tangga, seperti formaldehida dan benzena yang dikenal sebagai zat pemicu kanker.

Tanaman sri rejeki ini juga punya bentuk daun yang sangat unik dengan pilihan warna beraneka ragam. Bukan itu saja, proses pemeliharaan nya pun sangat mudah, karena tumbuhan ini mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Karenanya, tanaman hias pembersih udara ini sangat cocok diletakan di teras, laundry room, kamar mandi atau tempat-tempat yang dekat dengan air. 

Rata-rata tanaman hias indoor penyerap polutan ini dijual mulai harga Rp. 15 ribu/pot tergantung sub jenis dan ukurannya. Sangat-sangat terjangkau bukan?

2. Lidah Mertua

tanaman kekinian

Tanaman hias indoor penyerap polutan kedua yang bisa kamu letakan di sudut-sudut rumah adalah lidah mertua. 

Sebenarnya, tanaman ini nggak cuma bisa ditempatkan dalam ruangan, karena ditanam di luar pun lidah mertua punya fungsi yang sama, yakni sebagai pembersih udara alami.

Tanaman hias pembersih udara ini mampu menyerap karbon monoksida dalam jumlah banyak dan menyaring racun seperti xilena, benzena, trikloroetilen dan formaldehida

Bukan cuma itu, berbagai racun tersebut dapat diubah menjadi oksigen yang sangat bermanfaat untuk kesehatan saluran pernafasan. 

Bahkan beberapa sumber berasumsi jika tanaman hias indoor penyerap polutan ini juga mampu menangkal radiasi yang disebabkan oleh berbagai peralatan elektronik. Jadi, benar-benar membuat tubuh lebih sehat.

Biasanya tanaman lidah mertua atau yang dalam bahasa ilmiah disebut Sansevieria ini dibanderol mulai harga Rp. 35 ribu (jenis bonsai).

3. Palem Bambu

tanaman hais pembersih udara

Ternyata palem bambu bukan hanya tumbuh di luar, pohon ini juga bisa menjadi tanaman hias indoor penyerap polutan. Kamu hanya perlu menanamnya di pot dan diletakannya dalam ruangan.

Palem bambu juga dikenal sebagai tanaman hias pembersih udara, karena kemampuannya dalam mengeliminasi zat beracun dalam rumah, seperti formaldehida, benzena, xylene, karbon monoksida hingga kloroform dari udara.

Meskipun begitu, tanaman hias indoor penyerap polutan ini hanya dibanderol mulai dari Rp. 50 ribuan, tergantung usia tanaman.

4. Spider Plant

Sekilas tanaman hias indoor penyerap polutan ini punya daun yang menyerupai daun serai, hanya saja spider plant punya tekstur yang lebih halus. 

Apalagi tanaman berumpun ini terlihat sangat indah saat diletakan dalam pot berukuran kecil yang bisa kamu taruh di meja, jendela ataupun digantung. 

Ternyata, tumbuhan yang cantik ini bukan hanya menambah keindahan rumahmu lho, tetapi juga bisa membersihkan udara kotor di dalam ruangan. 

Spider plant punya kemampuan yang sangat baik dalam membersihkan debu, kotoran, zat polutan, menyerap bau dan menghasilkan udara bersih. 

Dengan begitu, kamar, dapur, kamar mandi dan ruang tamu akan terasa lebih segar. Nah, enaknya lagi, tanaman hias indoor penyerap polutan ini dibanderol mulai harga Rp. 7 ribuan saja per pot. Sangat-sangat bersahabat!

5. Lidah Buaya

lidah buaya

Banyak yang bilang, lidah buaya termasuk dalam kategori tanaman hias indoor penyerap polutan yang bisa bikin tidur lebih berkualitas. Meskipun tidak memiliki aroma kuat, lidah buaya mampu membuat pikiran lebih rileks lho.

Bukan cuma itu, tanaman hias ini juga bisa menyerap radiasi elektromagnetik yang disebabkan gadget ataupun alat elektronik lain yang ada dirumahmu. Jadi benar-benar membuat tubuh lebih sehat.

Harganya pun tergolong ekonomis yakni cuma Rp. 9 ribuan saja. Sudah harganya murah, manfaatnya banyak ! 

6. Bunga Peace Lily

tanaman hias yang baik untuk kesehatan

Jika kamu mencari tanaman hias indoor penyerap polutan dengan bunga yang indah, peace lily adalah pilihan yang tepat. Sebab, tanaman hias pembersih udara ini punya kelopak bunga berwarna putih yang sangat cantik dengan putik senada.

Hanya saja, agar tumbuh subur bunga peace lily perlu diletakan pada tempat lembab dan pencahayaan yang cukup. Kamu juga perlu menyemprot bagian daun tanaman ini dengan air hangat secara rutin.

Selain itu, bunga peace lily digadang-gadang sebagai tanaman yang mampu meningkatkan kualitas udara hingga 60% lho. Jadi, bisa dibayangkan gimana sehatnya kamu dan keluarga dengan memelihara bunga Spathiphyllum ini.

Kamu bisa mendapatkan tanaman hias indoor penyerap polutan ini mulai harga Rp. 10 ribuan saja. Cek di toko tanaman hias terdekat yuk!

7. Bunga Krisan

bunga yang bagus untuk kesehatan

Bunga krisan atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Chrysanthemum Morifolium termasuk dalam kategori tanaman hias indoor penyerap polutan paling efektif.

Gimana enggak, tanaman hias kekinian ini dianggap sebagai “biang” dari tanaman pembersih udara. Selain bisa menghilangkan formaldehida, xylene, dan benzena, bunga krisan juga mampu menyerap amonia (senyawa kimia).

Apalagi tanaman ini punya bunga yang sangat cantik dan warna yang bervariatif, sehingga membuat setiap ruangan di rumahmu terlihat semakin elok dan berwarna. 

Jika tertarik membelinya, kamu hanya perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 30 ribu / pot.

Kesimpulan

Itulah 7 jenis tanaman hias indoor penyerap polutan yang bisa membantu kamu dalam membersihkan racun udara di rumah. Nggak perlu semuanya dibeli ya, cukup jenis tanaman yang kamu sukai saja. 

Tapi, walaupun kamu mau membeli semua jenis tanaman di atas nggak masalah kok. Dengan begitu rumah kamu punya konsep mini garden yang bikin udara selalu fresh. Semoga bermanfaat!

Scroll to Top