scroll untuk lanjut membaca
03 Dec 2023

Manfaat Catok, Bahayanya dan Cara Merawat Rambut Yang Sering Dicatok

manfaat catokan dan cara merawat rambut dicatok

Artikel ditulis oleh Rojiah

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!

Catokan rambut jadi pilihan kekinian buat banyak orang, tapi ternyata punya efek serius untuk kesehatan rambut, lho. Nah, dalam artikel ini, kita akan bahas bahaya penggunaan catokan yang berlebihan dan cara merawat rambut yang sering dicatok agar tetap sehat.

Bahaya Penggunaan Catokan yang Berlebihan

Sebelum membahas bahaya catok, kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas tentang manfaat alat satu ini.

Sebenarnya catok adalah alat yang bermanfaat, terutama jika kamu termasuk yang concern soal tampilan visual rambut. Tidak bisa dipungkiri, catok memang memberikan manfaat untuk menciptakan gaya rambut yang sesuai keinginan.

Beberapa Manfaat Catok

  1. Membentuk Gaya Rambut: Dengan catok, kamu dapat membentuk berbagai gaya rambut sesuai keinginan. Misalnya rambut lurus, keriting atau bergelombang.
  2. Penampilan Menarik: Ada istilah "Rambut adalah mahkotanya wanita". Dengan menata rambut, penampilan kamu bisa semakin menarik. Dan catok jadi salah satu alat untuk menata rambut dengan mudah.
  3. Menghemat Waktu: Manfaat lain catok juga bisa menghemat waktu ketika kamu perlu merubah gaya rambut dengan relatif lebih cepat.
  4. Tak Perlu ke Salon: Apalagi kalau lokasi salonnya jauh, pasti kamu males banget untuk keluar rumah.

Efek Negatif Pakai Catokan Rambut

Semua yang berlebihan memang tidak baik. Begitu juga dengan penggunaan catokan rambut. Ada sejumlah efek samping dari penggunaan catok rambut yang berlebihan. Beberapa di antaranya:

Rambut Kering dan Kusam Fitur utama alat catokan rambut adalah panas. Tapi panas ini bukan cuma bermanfaat untuk membentuk gaya rambut. Jika rambut telalu sering terkena panas, rambut bisa kehilangan kelembutan dan kilau alaminya. Ujung-ujungnya, rambut bisa kering dan kusam.

Rambut Rontok Selain membuat rambut kering, rambut yang dicatok juga berpotensi membuat rontok. Apalagi jika dibarengi penggunaan produk berbahan kimia.

Perubahan Tekstur Rambut Rambut yang sehat biasanya bertekstur lembut jika dipegang. Nah, kalau rambut terlalu sering dicatok bisa mengakibatkan tekstur aslinya berubah jadi kasar.

Alergi dan Gatal-gatal Penggunaan alat catok juga bukan cuma berpengaruh ke rambut, tapi juga ke kulit kepala. Kamu mungkin merasa gatal-gatal di kulit kepala setelah terlalu sering pakai catokan.

Akar Rambut Rusak Di tingkat paling parah, akar rambut yang terlalu sering dicatok mungkin bisa saja rusak. Jika akar rambut sudah rusak, maka efek paling menakutkannya adalah kebotakan.

Cara Merawat Rambut Yang Sering di Catok

Agar terhindar dari efek negatif catokan seperti dijelaskan di atas, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat rambut yang sering dicatok.

1. Gunakan Conditioner Sebelum Mencatok

merk conditioner rambut

Merk kondisioner rambut di pasaran

Menggunakan kondisioner atau pelembab rambut setelah keramas dan sebelum mencatok bisa membantu mempertahankan rambut agar tetap lembut. Selain itu, kandungan kondisioner juga membantu menyehatkan rambut.

2. Pakai Suhu Paling Rendah

Kebanyakan alat catok mempunyai tombol pengatur tingkat suhu. Nah, kamu bisa gunakan suhu paling rendah. Penggunaan panas yang terlalu tinggi untuk rambut hanya akan meyebabkan kerusakan, kusam dan kering.

3. Gunakan Masker Rambut

Bukan cuma area wajah, rambut juga perlu pakai masker jika ingin kesehatannya terjaga. Kamu bisa menggunakan masker rambut setelah mencuci rambut dan diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

Masker rambut bisa kamu pakai seminggu sekali agar memberikan efek yang optimal.

4. Memakai Vitamin atau Serum Rambut

Selain menggunakan kondisioner setelah keramas, serum atau vitamin rambut juga sangat bermanfaat untuk membuat rambut tidak kering. Kandungan vitamin dan minyak alami dalam serum rambut juga memberikan nutrisi, menguatkan akar rambut, menjaga tekstur rambut serta mencegah kebotakan.

Beberapa jenis vitamin rambut juga ada yang bisa diaplikasikan setelah catokan.

Tips Menjaga Kesehatan Rambut Lainnya

Selain merawat rambut dari efek negatif catokan, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatannya. Bahkan meskipun kamu tidak sering catokan, sebaiknya kamu selalu memperhatikan mahkota alami ini.

Berikut ini tips merawat rambut yang bisa kamu aplikasikan secara rutin:

  1. Keramas Dengan Benar dan Rutin
  2. Pilih Produk Yang Mengandung Keratin
  3. Kurangi Penggunaan Catok
  4. Cari Alternatif Gaya Rambut "yang aman"
  5. Jaga Gizi untuk Rambut yang Lebih Kuat

Kesimpulannya, catokan mempunyai manfaat untuk gaya dan style rambut yang cepat dan sesuai kebutuhan. Namun, di sisi lain catok juga memberikan dampak buruk untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Dengan memperhatikan kesehatan rambut serta rutin melakukan perawatan yang sesuai, kamu bisa terhindar dari kerusakan rambut yang lebih serius.

Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!