scroll untuk lanjut membaca
24 Jan 2024

Rekomendasi Powerhead Pompa Aquarium Anti Berisik dan Tahan Lama

Harga Pompa Aquarium Kecil dan Besar

Artikel ditulis oleh Mei Anisa

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!

Lagi cari Powerhead pompa aquarium terbaik ? simak artikel ini sampai habis ya. Pernah gak kamu merasakan setres dengan rutinitas yang kamu lakukan setiap hari ? Kalau iya, berarti kamu sama seperti mimin.

Untuk membuat mood kembali normal dan fikiran kembali fresh, ada banyak sekali cara yang bisa di lakukan, salah satunya dengan merubah warna cat dinding atau memelihara ikan hias.

Namun, untuk merawat ikan hias bukanlah perkara yang mudah. Karena dengan perawatan yang tidak benar justru membuat ikan yang kamu pelihara tidak bisa hidup lebih lama.

Ukuran aquarium yang tepat, kadar air yang sesuai, mengganti air secara rutin, hingga pemilihan powerhead pompa aquarium terbaik, merupakan faktor penting dalam memelihara ikan hias.

Saat ini ada banyak sekali merk pompa aquarium terbaik di pasaran dengan spesifikasi yang beragam. Buat kamu yang baru berencana memelihara ikan hias tentu akan kebingungan dalam memilih jenis pompa aquarium yang bagus. Untuk itu simak cara memilih pompa aquarium yang tepat berikut ini.

Cara Menentukan Pompa Aquarium Terbaik

Untuk yang sudah expert di dunia perikanan mungkin sudah faham dan mengetahui cara menentukan pompa yang tepat. Nah bagi kamu yang masih awam, poin ini menjadi cukup penting. Karena dengan mengetahui spesifikasi Powerhead yang di butuhkan untuk aquarium, kamu bisa meminimalisir kesalahan pembelian.

Kenali Jenis Pompa Aquarium

Setidaknya ada 3 jenis pompa aquarium yang di jual di pasaran. Powerhead yang di letakan di luar aquarium, di dalam aquarium, dan yang bisa keduanya (amfibi). Dari ketiga tipe ini memiliki kelebihan serta kekurangan nya masing-masing.

Untuk powerhead yang di letakan di dalam aquarium cenderung lebih mudah di bersihkan, namun memiliki suara yang cukup mengganggu pendengaran.

Sebaliknya, powerhead yang pasang di dalam aquarium menghasilkan suara yang lebih halus tetapi cukup sulit untuk di bersihkan. Karena pakan dan kotoran ikan akan mudah menempel di pompa tersebut.

Sedangkan untuk tipe amfibi memiliki fungsi yang bisa di letakan di dalam maupun luar aquarium. Mana jenis pompa aquarium yang bagus dari ketiga tipe tersebut ? Semua jenis powerhead sama bagus nya, kamu bisa pilih sesuai tipe powerhead yang kamu suka.

Ketahui Frekuensi Sirkulasi Air Sesuai Dengan Ukuran Aquarium

Idealnya frekuensi sirkulasi air ialah 2 kali lipat dari volume air yang ada di dalam akuarium. Untuk mengetahui volume nya, maka kamu harus tahu ukuran aquarium yang di miliki. Sebagai contoh, panjang aquarium 100 x lebar 50 x tinggi 50 cm, jika dikalikan maka hasilnya akan 250.000 centimeter kubik.

Untuk menjadikan besaran kedalam ” liter “ kamu harus bagi 1.000. Maka 250.000M3 : 1.000, hasilnya ialah 250 liter.

Karena idealnya sirkulasi untuk ikan berukuran kecil di kalikan dua, maka sirkulasi yang di butuhkan ialah 500 liter per jam. Jika kamu memelihara ikan karnivora besar maka sirkulasi air yang ideal ialah di kalikan 7 – 10 perjam.

Setelah kamu mengetahui ukuran dan jenis pompa aquarium , saatnya mengecek harga yang ada di pasaran. Untuk memudahkan kamu, saya telah menyiapkan powerhead pompa aquarium terbaik yang banyak di jual di Marketplace Indonesia.

Rekomendasi 8 Powerhead Pompa Aquarium Terbaik

1. Yamano WP-103

Pompa jenis submersible Yamano merupakan salah satu yang memiliki power tangguh dengan harga yang relatif terjangkau untuk semua kalangan. Selain di gunakan untuk aquarium, powerhead ini juga dapat di gunakan untuk hidroponik, aquaponik, dan membuat air terjun buatan.

Powerhead pompa aquarium terbaik Yamano mampu mendorong air hingga 1,5 meter dengan rotasi air sampai 1,300 liter per jam.

Walaupun tenaga yang di hasilkan cukup kuat, pompa aquarium terbaik ini hanya membutuhkan daya sebesar 25 Watt untuk membuatnya bekerja.

Karena tempat penyimpanan nya di dalam air, maka suara yang dihasilkan sangat halus dan tidak menggangu pendengaran.

Yamano WP-103 juga bisa di gunakan untuk air tawar maupun air laut, sehingga kamu bisa memelihara ikan jenis apapun. Harga pompa aquarium watt kecil Yamano ini dijual mulai dari Rp. 62.000 – Rp. 80.000.

Rekomendasi Produk
Pompa Aquarium Yamano WP-103Pompa Aquarium Yamano WP-103Rp 76.050

2. Resun SP-2500

Resun SP-2500 hadir dengan bentuk pompa yang kompak. Di buat dengan material Shaft stainless steel dan magnetic rotor tangguh yang dapat di gunakan untuk waktu lebih lama.

Powerhead pompa aquarium terbaik ini menjadi salah satu andalan banyak orang yang memelihara ikan. Selain fungsinya yang dapat mensirkulasi air, pompa ini juga bisa di gunakan untuk budidaya hidroponik dengan sistem NFT.

Alat ini dapat bekerja dengan 18 Watt saja. Meskipun termasuk dalam kategori pompa aquarium watt kecil, namun pompa aquarium terbaik ini mampu mendorong air hingga ketinggian 1,5 meter.

Selain itu kekuatan sirkulasi air nya pun cukup besar yakni , 1.400 liter per jam. Sama seperti tipe pompa submersible lain, pompa air air aquarium terbaik Resun SP-2500 juga menghasilkan suara yang cukup hening, sehingga tidak akan mengganggu pendengaran.

Harga pompa aquarium Resun SP-2500 cukup bervariatif. Di Marketplace Shopee dan Lazada dijual mulai dari Rp. 128.000.

Rekomendasi Produk
Pompa Celup Resun SP-2500Pompa Celup Resun SP-2500Rp 132.000

3. Amara AA P-5200

Amara AA P-5200 merupakan salah satu Powerhead pompa aquarium terbaik yang mendapat penjualan tertinggi di marketplace Tokopedia yakni lebih dari 600 lebih pcs.

Kelebihan dari Amara AA P-5200 ialah powernya yang paling besar dikelasnya di bandingkan merk pompa aquarium lain. Selain itu harga pompa aquarium ini juga tergolong ekonomis, yakni sekitar 200 ribuan.

Pompa aquarium besar ini mampu mensirkulasi air sebanyak 3.600 liter perjam, dan mampu mendorong air hingga 3,2 meter. Dengan melihat kemamampuan nya, maka pompa aquarium terbaik Amara ini sangat efektif bila ditempatkan pada kolam berukuran besar.

Alasan terakhir mengapa banyak pecinta ikan hias memilih Amara AA P-5200 ialah, karena mesin pompa aquarium ini hanya beroperasi pada daya 50 watt.

Angka yang terbilang rendah bila melihat kemampuan yang diberikan oleh pompa ini. Bagaiman kamu tertarik untuk menggunakan nya?

Rekomendasi Produk
Pompa Akuarium Amara AA P-5200Pompa Akuarium Amara AA P-5200Rp 216.000

4. Eheim Universal Pump 1.200

Jika kamu mencari pompa aquarium yang bagus, Eheim universal Pump 1.200 adalah jawaban nya. Pasalnya produk buatan Jerman ini mampu menggaransi produknya hingga 24 bulan, luar biasa kan?

Dengan memiliki pompa Eheim universal Pump 1.200, kamu gak perlu khawatir ikan mati karena kehabisan oksigen yang diakibatkan dari rusaknya pompa aquarium. Sebab bagian badan motor pompa aquarium terbaik ini telah terlindungi cover. Sehingga tetap aman meskipun digunakan secara terus menerus dalam waktu lama.

Selain itu, agar kualitas air di dalam aquarium tetap bersih, Eheim universal Pump 1.200 juga telah di lengkapi prefilter yang berfungsi untuk mencegah kotoran masuk kedalam impeller.

Bicara sirkulasi, produk Jerman ini mampu merotasi air hingga 1.200 liter, tak heran jika konsumsi dayanya hanya 28 watt.

Eheim universal Pump 1.200 merupakan jenis pompa aquarium amfibi yang memiliki dimensi 180 x 90 x 120 mm, sehingga lebih fleksibel dalam hal penempatan.

Tak dipungkiri bahwa harga pompa aquarium terbaik ini di jual lebih mahal dari para pesaingnya. Namun ini sangat sebanding dengan kualitas serta garansi yang di berikan.

Bila kamu tertarik mendapatkan pompa aquarium Eheim Universal Pump 1.200, kamu bisa dapatkan di e-commerce favoritmu dengan harga mulai dari Rp. 1.885.000.

Rekomendasi Produk
Pompa Celup Eheim Universal 1200Pompa Celup Eheim Universal 1200Rp 2.400.000

5. Atman AT-104

Selain Amara, Atman AT-104 juga merupakan pompa aquarium terbaik dan terlaris di pasaran termasuk Tokopedia. Hingga artikel ini di buat, produkny telah terjual lebih dari 1.500 pcs.

Powerhead aquarium Atman ini menjadi pompa favorit penghobi ikan hias ataupun petani hidroponik skala kecil. Hal ini bukan tanpa alasan, keawetan dan ketahanan nya lah yang menjadi faktor banyak orang yang mengandalkan mesin pompa aquarium Atman AT-104.

Faktor lain mengapa pompa aquarium ini banyak dibeli ialah karena harganya yang relatif terjangkau dibandingkan merk lain. Umumnya harga pompa aquarium ini dijual mulai dari Rp. 163.000.

Meskipun harganya murah, bukan berarti kualitas pompa aquarium ini buruk. Nyatanya pompa Atman telah dibekali dengan teknologi low noise, sehingga polusi suara yang dihasilkan dari pompa ini sangat rendah.

Dengan adanya teknologi tersebut, maka setiap orang yang memiliki bayi tidak akan merasa terganggu meskipun pompa dihidupkan selama 24 jam penuh.

Pompa aquarium Atman ini berdaya 38 watt dengan kekuatan dorong air mencapai 2 meter, serta mampu merotasi air hingga 2.000 liter setiap jam nya. Yakin masih mau pilih produk lain?

Rekomendasi Produk
Pompa Ikan Atman AT-104Pompa Ikan Atman AT-104Rp 179.000

6. Armada SP 1200A

Dari daftar pompa aquarium terbaik diatas, belum ada yang cocok untukmu karena wattnya terlalu besar? Mungkin Armada SP 1200A ini bisa jadi piihan yang ideal.

Pompa aquarium watt kecil ini hanya beroperasi pada daya 15 watt, sehingga kemampuan daya dorong nya hanya 80 cm. Pompa aquarium yang satu ini lebih cocok jika aquarium milikimu berukuran 40-60 cm.

Kekuatan sirkulasinya pun terbatas yakni 900 liter perjam, itulah mengapa powerhead aquarium terbaik ini sangat tepat jika di letakan pada aquarium berukuran kecil. Dengan kemampuan yang dimiliki, tak heran jika harga pompa aquarium ini di banderol mulai dari Rp. 25.000.

Rekomendasi Produk
Pompa Aquarium Armada SP 12000APompa Aquarium Armada SP 12000ARp 25.194

7. Recent AA PSP 2300

Keunikan dari pompa aquarium terbaik Recent AA PSP 2300 ialah bentuknya yang membulat. Karena desain yang tidak monoton inilah alasan mengapa banyak orang tertarik untuk menggunakan nya.

Dengan power sebesar 40 watt, maka powerhead ini dapat bekerja optimal hingga menghasilkan frekuensi sirkulasi air sebanyak 2500 liter per jam. Serta mampu mendorong air sampai setinggi 2,5 meter.

Berkat kemampuan yang dimiliki, pompa ini juga bisa digunakan untuk kamu yang ingin membuat kolam air mancur buatan. Harga pompa aquarium Recent AA PSP 2300 di pasaran berkisar antara Rp.103.000 – Rp.170.000.

Rekomendasi Produk
Pompa Recent AA PSP 2300Pompa Recent AA PSP 2300Rp 103.000

8. Kiyosaki PSP 3200

Apabila kamu tertarik dengan produk Recent AA PSP 2300 namun menginginkan spesifikasi yang lebih bertenaga, Kiyosaki adalah pilihan yang tepat.

Hadir dengan tenaga yang lebih tangguh, pompa aquarium besar ini mampu mensirkulasi air hingga 4500 setiap jam nya. Serta daya dorong air maksimal sampai 4,5 meter.

Dengan tenaga yang 2 kali lipat lebih kuat di banding merk Recent maka daya yang dibutuhkan agar alat ini bekerja ialah sebesar 85 watt.

Harga pompa aquarium Kiyosaki PSP 3200 di pasaran sangat bervariatif. Di Marketplace Shopee dan Lazada di jual mulai dari Rp. 277.000 – Rp.315.000.

Rekomendasi Produk
Power Head Aquarium Kiyosaki PSP 3200Power Head Aquarium Kiyosaki PSP 3200Rp 277.200

Itulah beberapa merk Powerhead pompa aquarium terbaik yang banyak di jual di pasaran. Kamu bisa pilih sesuai spesifikasi aquarium yang kamu miliki.

Jangan lupa sesuaikan juga dengan anggaran yang di siapkan. Semoga membantu.

Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!