Tutorial Cek Resi J&T Shopee dan 4 Cara Alternatif Lainnya

Tutorial Cek Resi J&T Shopee dan 4 Cara Alternatif Lainnya

Gabung Komunitas Gratis Ongkir & Pejuang Hemat di Telegram. Klik Untuk Gabung

Sadiskon Team Avatar
Oleh: Bang Midi ( Mimin saDiskon )

J&T adalah salah satu kurir paling sering digunakan saat belanja online. Termasuk ketika kamu belanja di Shopee, J&T juga jadi opsi pengiriman paling bisa diandalkan. Tapi sudahkah kamu tahu cara cek resi J&T Shopee?

Di artikel lain, Bang Midi sudah pernah membahas tentang cara melacak pengiriman Shopee. Nah, di sana sudah secara sekilas bang Midi sebutin tuh bagaiman cara tracking nomor resi J&T Shopee dan kurir lainnya.

Kali ini kita akan membahas lebih dalam lagi tentang J&T Shopee. Karena kadang, ada beberapa kasus di mana nomor resi J&T Shopee sulit dilacak dari aplikasi Shopee.

Solusi Melacak Resi J&T Shopee

Sebelum melacak pengiriman paket J&T, yang pertama harus kita punya adalah tentu saja nomor resinya.

Cara Melihat Nomor Resi J&T di Shopee

Meskipun mungkin kamu sudah tahu, tapi bang Midi mau bahas cara ambil nomor resi J&T di aplikasi Shopee. Biar lebih jelas aja gitu, dan lebih lengkap informasinya.

Jadi untuk mendapatkan nomor resi pengiriman J&T di aplikasi Shopee, kamu bisa lakukan langkah-langkah sederhana berikut ini ya:

  1. Buka aplikasi Shopee, pastikan kamu sudah log in atau masuk ke akun kamu ya. Jika belum install aplikasinya, kamu juga bisa menggunakan situs Shopee melalui browser ( Google Chrome ).
  2. Di dalam aplikasi Shopee, pilih menu Saya yang ditandai ikon manusi di pojok kanan bawah layar hape kamu.
  3. Pilih menu Dikirim dengan ikon mobil. Posisinya ada di bagian Pesanan Saya
  4. Di samping bagian Informasi Pengiriman, tekan tulisan Lihat yang berwarna hijau tosca.
  5. Setelah nomor resinya tampil, tekan / tap tulisa Salin yang juga berwarna hijau tosca.

Setelah kamu memiliki nomor resi J&T yang diambil dari aplikasi Shopee, sekarang waktunya kita cek resi J&T untuk melacak paket kiriman kita.

Catatan:

Cara berikut ini adalah cara alternatif yang bisa kamu lakukan jika pengecekan resi otomatis di aplikasi Shopee sedang gangguan. Jika sedang normal, maka lebih mudah cek langsung resi J&T dari dalam aplikasi Shopee.

Cara cek resi J&T di website resminya

Cek Resi J&T di Website Resmi

Alat pertama yang kita gunakan adalah situs resmi J&T express. Linknya adalah jet.co.id. Silakan kamu buka dulu ya.

Setelah di website-nya, kamu bisa langsung melacak paket kamu dengan meng-klik menu Trace & Track.

Masukkan kode nomor resi yang kamu punya. Bisa dengan di-paste / tempel dari kode yang sudah disalin di aplikasi Shopee.

Klik tombol Track 🔎 Maka data paket Shopee kamu bisa dilacak dari sini.

Cara cek resi J&T di berdu.id

Cek Resi J&T di Berdu.id

Berdu adalah platform pembuatan toko online yang mudah dan kaya fitur. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan Berdu untuk mengecek resi berbagai kurir termasuk J&T.

Tenang, meskipun layanan Berdu berbayar tapi untuk cek resi ini gratis.

Untuk cek resi J&T di Berdu, kunjungi berdu.id/cek-resi. Kemudian pilih kurir J&T, masukkan nomor resi yang ingin dilacak.

Setelah itu, klik tombol Cek Resi untuk memulai pelacakan.

Mengecek Resi J&T Shopee di Cekresi.com

Dari namanya saja sudah ketahuan website satu ini mengkhususkan diri untuk membantu kita mengecek resi pengiriman. Ada 60 perusahaan ekspedisi pengiriman yang resinya bisa dicek dan dilacak website ini. Termasuk resi J&T.

Silakan kunjungi cekresi.com dan masukkan nomor resi di bagian kotak Nomor Resi Pengiriman. Setelah itu klik tombol CEK RESI.

Enaknya pakai cekresi.com ini, kita gak perlu secara manual memilih nama kurirnya. Cekresi akan secara otomatis tahu perusahaan ekspedisinya sesuai dengan nomor resi yang dimasukkan.

Keren ya?

Menggunakan Parcelapp.com

Situs ini membantu kamu mengecek resi J&T dengan mudah. Sama seperti cekresi.com, parcelapp akan secara otomatis mendeteksi kurir dari nomor resinya yang kamu masukkan.

Selain itu, Parcelapp juga bisa digunakan untuk melacak resi dari paket internasional.

Permasalah Dalam Cek Resi J&T

Bisa saja ketika kamu mengecek resi J&T baik di Shopee atau di website lain, terjadi masalah. Misalnya gagal mengecek dan melacak resi.

Ada beberapa kemungkinan penyebabnya.

Sistem J&T Sedang Gangguan

Gangguan sistem pengecekan bisa disebabkan oleh gangguan di server milik J&T. Misalnya server down karena sibuk dalam musim belanja online.

Jika ini yang terjadi, maka kamu hanya bisa menunggu sistem kembali pulih.

Tracking Tidak Real Time

Tracking sistem yang tidak real time maksudnya adalah data yang disimpan di server bisa jadi bukan data terkini dari lapangan.

Hal ini bisa disebabkan karena jaringan internet di beberapa daerah masih terbatas. Sehingga data terbaru bisa saja baru diterima sistem dalam waktu 24 jam.

Kesalahan Input Resi

Ketika mengecek resi J&T Shopee di luar aplikasi Shopee, sebaiknya gunakan cara copy paste agar terhindar dari salah ketik nomor resi.

Karena kalau salah ketik atau salah memasukkan resi, sudah pasti data yang salah yang diterima.

Nomor Resi Palsu

Meski jarang terjadi di Shopee, kemungkinan seller / penjual memberikan resi yang salah atau palsu bisa saja terjadi. Apalagi penjual yang masih secara manual mengirimkan paketnya, dan belum terintegrasi dengan sistem online booking Shopee.

Demikian tadi informasi seputar cara mengecek resi J&T Shopee dan alternatif cara lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam melacak pesanan belanja onlinemu.

Salam hemat.

- Bang Midi ( Mimin Sadiskon )

Gabung Dengan Keluarga [ Sadiskon x Irit Link ] di Sosial Media