scroll untuk lanjut membaca
22 Dec 2023

Rebus Jagung Berapa Menit? Ini 5 Tips Merebus Jagung Supaya Enak

Tips Masak Jagung Rebus Enak

Artikel ditulis oleh Iyut

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!

Jagung rebus adalah salah satu camilan paling populer di Indonesia. Rasanya yang manis, dan harganya yang murah jadi salah satu penyebabnya. Bahkan di momen pergantian tahun atau ketika beperjalanan, tidak sulit menemukan penjual jagung rebus hampir di semua tempat.

Tapi walaupun termasuk makanan sederhana, ternyata banyak juga lho yang belum tahu cara merebus jagung sendiri. Nah, di tulisan kali ini sadiskon mau membagikan tips cara merebus jagung sendiri di rumah supaya rasanya enak. Mulai dari berapa lama merebus jagung, sampai cara merebusnya dan makanan pelengkapnya. Yuk simak!

Cara Merebus Jagung Yang Enak

Cara membuat jagung rebus yang enak tentunya kamu harus mengetahui teknik memasakknya. Walaupun terlihat sepele, nyatanya merebus jagung jika tidak tahu caranya justru akan membuat jagung tidak enak untuk dimakan. Apalagi jika jagung yang kamu rebus bukan jenis jagung manis, pasti rasanya beda.

Cara 1: Rebus Jagung Tanpa Kulit

Ini cara merebus jagung paling mudah. Kenapa? Karena dengan mengupas kulitnya, jagung rebus akan lebih cepat matang dan kamu juga lebih mudah untuk mengecek tingkat kematangannya secara langsung sebelum diangkat.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Kupas Kulit Jagung

Pertama, kupas kulit jangung sampai bersih. Jangan lupa rambut jagung juga sebaiknya dibersihkan ya!

  1. Proses Rebus Jagung

Isi air ke dalam panci dan masak air hingga mendidih. Tambahkan garam secukupnya untuk menambah rasa. Setelah air mendidih, masukkan jagung yang sudah dikupas kulitnya ke dalam panci.

  1. Rebus Jagung 10 Menit

Setelah jagung dimasukkan ke panci dengan air mendidih, tunggu sampai kurang lebih 10 menit. Angkat dan tiriskan jagung rebus yang sudah matang. Setelah cukup dingin, kamu bisa menikmati jagung rebus nikmat.

Cara2: Jagung Rebus Dengan Kulitnya

Cara kedua ini adalah yang paling sering kamu temui di jual oleh mamang-mamang di pinggir jalan. Memasak jagung rebus beserta kulitnya sebenarnya hampir sama tahapannya dengan merebus jagung tanpa kulit. Hanya saja merebusnya agak sedikit lebih lama.

Umumnya, rebus jagung manis dengan kulitnya memakan waktu antara 15 sampai 20 menit. Waktu ini dihitung sejak airnya mendidih ya!

Cara 3: Rebus Jagung Yang Dipipil / Diprotol

Nah, beda lagi dengan jagung yang sudah dipipil atau diprotol dari bonggolnya. Merebus jagung yang sudah diprotol hanya memakan waktu 5 menit saja sejak air mendidih.

Biasanya jagung rebus yang sudah dipipil atau diprotol ini bisa digunakan untuk membuat cemilan Jasuke (jagung susu keju).

Merebus Jagung Kampung

Jagung non-manis atau kadang disebut juga jagung kampung, mempunyai perlakuan berbeda ketika merebusnya. Ini karena kandungan pati jagung kampung lebih banyak dan cenderung lebih keras, sehingga harus dimasak lebih lama dari pada jagung manis.

Kenapa Rebus Jagung Manis Tidak Boleh Lama?

Dari cara di atas, rata-rata merebus jagung manis hanya memakan waktu mulai dari 5 menit sampai 20 menit saja. Kenapa kok hanya sebentar banget? Penyebabnya adalah karena jika jagung manis direbus terlalu lama, maka jagung akan peyot atau keriput dan teksturnya agak kering serta kurang manis.

Sedangkan jika direbus dengan waktu yang tepat, jagung rebus akan lebih juicy dan rasanya manis.

Cara Menikmati Jagung Rebus

Untuk menikmati jagung rebus, kamu bisa melengkapinya dengan segelas kopi atau teh manis hangat. Bisa juga dengan susu hangat di waktu pagi atau sore hari.

Nah, itu dia tadi tips membuat jagung rebus yang enak di rumah. Kapan-kapan, kita makang jagung rebus bareng yuk!

Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!