scroll untuk lanjut membaca
13 Dec 2023

Rekomendasi Merk Cuka Apel Yang Bagus Untuk Kesehatan

Artikel ditulis oleh Kang Akhyar

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!

Sebagai salah satu bahan makanan hasil fermentasi, manfaat cuka apel untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Tapi sayangnya, di Indonesia konsumsi cuka apel masih kurang umum di masyarakat. Hanya orang-orang tertentu saja yang punya kebiasaan rutin mengkonsumsi cuka apel.

Tak heran memang, hal ini karena cuka apel termasuk produk yang tidak mudah didapatkan terutama di daerah luar perkotaan. Tapi sekarang tak perlu risau, dengan keuntungan belanja online, mencari dan membeli cuka apel jadi lebih mudah.

Merk Cuka Apel di Pasaran Indonesia

Karena termasuk produk yang jarang dikonsumsi masyarakat Indonesia, akibatnya tak banyak yang tahu tentang brand atau merk cuka apel yang bagus untuk dibeli. Berdasarkan data penjualan di marketplace online, berikut ini adalah daftar merk cuka apel terpopuler di Indonesia yang bisa kamu beli.

Merk Cuka Apel Yang Bagus dan Halal

1. Makkata Cuka Apel Batu

Merk cuka apel batu Makkata diproduksi oleh C.V. Naturasi Food Indonesia Malang, Jawa Timur. Merk cuka apel batu Makkata termasuk cuka apel yang cukup laris di marketplace online. Makkata cuka apel bisa dikonsumsi langsung atau digunakan sebagai campuran masakan.

Merk cuka apel ini termasuk jenis cuka apel murni yang masih mengandung "mother" atau inang cuka, yaitu bakteri probiotik yang baik. Selain itu cuka apel merk Makkata ini diproses tanpa pemanis buatan, tanpa pewarna dan tanpa pasteurisasi.

Harga Cuka Apel Makkata

Di toko online, merk cuka produksi lokal ini dibandrol mulai Rp 35.000* untuk kemasan botol kaca 330 ml.

Rekomendasi Produk
Cuka Apel 'Mother' MakkataCuka Apel 'Mother' MakkataRp 35.000

2. Merk Bestapple Cuka Apel with Mother

Merk cuka apel berikutnya masih berasal dari Malang, Jawa Timur. Bestapple adalah brand dari Besthoney, merk yang dikenal dengan produk-produk herbalnya, terutama madu.

Keunggulan cuka apel Bestapple adalah tidak melalui proses pasteurisasi sehingga bakteri baik yang terkandung di dalamnya tidak mati. Diproduksi dengan fermentasi alami tanpa tambahan ragi.

Harga cuka apel Bestapple / Besthoney

Di pasaran, merk cuka apel ini dijual dengan harga mulai Rp 20.000 (dua puluh ribu rupiah)* untuk satu kemasan berisi 250 mililiter (ml).

Rekomendasi Produk
Cuka Apel Bestapple / Besthoney 250mlCuka Apel Bestapple / Besthoney 250mlRp 20.000

3. Cuka Apel Finega / Vinega

Cuka apel Finega atau dahulu bernama Vinega, adalah salah satu merk cuka apel yang terkenal di pasaran. Diproduksi oleh Dehealth Supplies, cuka apel ini makin meyakinkan pelanggan berkat brand ambasadornya, Ade Rai.

Selain cuka apel, Finega juga memproduksi dan mendistribusikan jenis cuka lain yaitu cuka lemon dan cuka nanas.

Harga cuka apel Finega

Dikemas dalam botol kaca berbentuk kotak, cuka apel yang sudah bersertifikasi halal ini dijual dengan harga Rp 91.000* untuk kemasan 500ml.

Rekomendasi Produk
Cuka Apel Finega 500mlCuka Apel Finega 500mlRp 91.000

4. Nutrifarm Apple Vinegar

Cuka apel merk Nutrifarm mengandung 100% cuka apel mentah dengan inang cuka yang baik untuk kesehatan.

Harga cuka apel Nutrifarm

Untuk kemasan 500 ml, cuka apel merk Nutrifarm dijual dengan harga Rp 44.000* di toko online.

Rekomendasi Produk
Cuka Apel Nutrifarm 500mlCuka Apel Nutrifarm 500mlRp 36.000

5. Cuka Apel Tahesta

Produk cuka apel merk lokal Tahesta termasuk salah satu brand cuka apel yang terkenal sejak lama. Sama seperti merk cuka yang disebutkan sebelumnya, Tahesta juga termasuk raw venegar atau cuka mentah tanpa proses pasteurisasi.

Harga cuka apel merk Tahesta

Untuk kemasan 320 ml, cuka apel Tahesta rata-rata dijual di kisaran Rp 52.000*.

Rekomendasi Produk
Cuka Apel Tahesta 320mlCuka Apel Tahesta 320mlRp 52.000

Ada banyak merk cuka apel di pasaran, baik dari produsen lokal atau pun brand luar negeri. Namun, dengan daftar beberapa merk cuka apel yang di sebutkan di artikel ini, semoga bisa kamu jadikan acuan ketika ingin membeli cuka apel yang baik untuk kesehatan.

Sedikit catatan untuk muslim, tidak semua cuka apel mempunyai label halal. Hal ini, mungkin karena adanya kandungan alkohol, bahan bakunya, metode pemrosesan, atau memang belum mempunyai sertifikasi Halal Indonesia.

Catatan:*Harga produk adalah saat artikel ini ditulis. Mungkin harga dapat berubah sewaktu-waktu

Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!