5 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jahitan Di Wajah

Menghilangkan Bekas Jahitan Di Wajah

Bingung gimana caranya menghilangkan bekas jahitan di wajah? Cari tahu disini yuk!

Punya bekas luka jahitan memang bisa bikin siapa saja bingung untuk bisa menghilangkannya dengan cepat, khususnya di wajah.

Sebab, luka yang cukup besar bisa meninggalkan bekas di kulit, apalagi jika luka tersebut dijahit. Sejatinya, bekas luka jahitan di kulit bagian manapun bisa sembuh dan samar dengan sendiri.

Hanya saja, beberapa faktor baik internal atau eksternal bisa menyebabkan bekas luka yang sulit dihilangkan. Beberapa faktor ini diantaranya, adanya infeksi pada luka tersebut serta dehidrasi.

Infeksi pada luka bekas jahitan biasanya muncul dalam 30 hari pertama setelah dijahit. Umumnya infeksi ini ditandai dengan rasa gatal, panas, nyeri dan kemerahan pada bekas jahitan.

Nah, infeksi pada bekas jahitan ini biasanya juga disebabkan oleh interaksi luka dengan bakteri. Sebenarnya, bekas luka jahitan di kulit bisa sembuh dengan cepat jika cairan dalam tubuh terjaga dengan baik.

Akan tetapi, jika tubuh kamu mengalami dehidrasi saat masa penyembuhan, bekas jahitan di kulitmu akan sulit dihilangkan. Terlebih pada orang-orang yang punya daya tahan tubuh lemah, perokok, diabetes dan obesitas.

Salah satu ciri bekas jahitan yang sulit dihilangkan adalah timbulnya keloid (bekas luka yang menonjol). Keloid ini timbul akibat kelebihan protein selama proses penyembuhan berlangsung.

Timbulnya keloid pada kulit bukan hanya disebabkan oleh bekas sayatan / jahitan saja, tapi juga luka akibat jerawat. 

Tapi kamu nggak perlu khawatir, keloid dan bekas jahitan di wajah dan anggota tubuh lainnya bisa dihilangkan dengan beberapa cara. Untuk itu baca tulisan ini sampai tuntas ya!

Yuk disimak !

5 Cara Menghilangkan Bekas Jahitan Di Wajah dan Bagian Tubuh Lainnya

Ada berbagai cara untuk menghilangkan bekas luka atau bekas jahitan di wajah, mulai dari cara alami atau dengan cara khusus, seperti melalui tindakan medis.

Berikut cara menghilangkan bekas jahitan di wajah yang paling ampuh :

1. Menggunakan Krim atau Salep Gel Silikon

Cara menghilangkan bekas jahitan di wajah yang pertama adalah menggunakan krim atau salep khusus yang mengandung silikon.

Kandungan silikon pada produk skincare dipercaya dapat mengunci kelembaban kulit, sehingga kulit wajah bisa terhidrasi dengan baik serta lebih terasa lembut, lembab, dan kenyal.

Selain itu, krim penghilang bekas luka juga mengandung beberapa bahan aktif lain, seperti steroid dan vitamin E yang bisa menutrisi kulit. Dengan begitu bekas jahitan di wajah bisa tersamarkan.

2.Memakai Plester Gel Silikon

Selain bentuk krim, gel silikon untuk menghilangkan bekas lukas juga hadir dalam bentuk plester. Plester ini bisa dengan mudah kamu tempelkan pada bekas luka atau bekas jerawat.

Plester gel silikon ini mengandung vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh kulit selama masa pemulihan (setelah luka sembuh). 

Kamu bisa mendapatkan plester gel silikon untuk menghilangkan bekas luka di berbagai apotik online maupun offline.

3. Teknologi Laser

Jika kamu kurang telaten untuk menggunakan krim atau plester gel silikon, teknologi laser bisa kamu pilih untuk menghilangkan bekas jahitan di wajah.

Umumnya, prosedur laser ini dilakukan untuk menyamarkan hingga menghilangkan bekas luka di wajah atau anggota tubuh lain secara signifikan. 

4. Bedah Plastik

Cara praktis lain untuk menghilangkan bekas luka jahitan di wajah adalah dengan melakukan prosedur bedah plastik atau yang lebih dikenal dengan operasi plastik.

Biasanya cara ini dipakai untuk menghilangkan bekas jahitan yang menimbulkan keloid. Cara ini dianggap efektif menghilangkan bekas jahitan di wajah.

Hanya saja pada sebagian orang, cara ini bisa menimbulkan bekas luka baru sehingga diperlukan tindakan lainnya, seperti suntik kolagen dan steroid.

5. Suntik Kolagen dan Kortikosteroid

Terakhir, cara menghilangkan bekas jahitan di wajah bisa kamu tempuh dengan melakukan suntik kolagen dan juga steroid

Tujuan dari suntik kolagen adalah memasukan kolagen langsung ke dalam tubuh melalui proses injeksi. Hanya saja, prosedur ini bersifat sementara dan perlu dilakukan beberapa kali untuk mendapatkan hasil optimal. 

Sedangkan suntik steroid bertujuan untuk meratakan bekas luka di wajah. Meskipun cara ini dianggap belum bisa menghilangkan bekas luka jahitan yang menahun, tapi setidaknya bisa memperkecil ukuran luka.

Kesimpulan

Itulah 5 cara ampuh menghilangkan bekas jahitan di wajah yang patut kamu coba. 

Meskipun tidak berbahaya, namun bekas jahitan bisa mengganggu penampilan kamu, khususnya di wajah. Sehingga kamu perlu melakukan berbagai tindakan untuk menghilangkan bekas jahitan di wajah.

Semoga bermanfaat!

Salam,

Mei

JANGAN KETINGGALAN PROMO TERBARU

Daftarkan emailmu untuk menerima promo, kode kupon, voucher dan informasi belanja terbaru dari Sadiskon. Gratis!

Scroll to Top