Baca ini Sebelum Mengkonsumsi Susu Rendah Lemak Untuk Diet

Susu cair untuk energi dan kalsium

Susu untuk diet adalah susu rendah kalori yang sangat terkenal di kalangan pecinta diet. Mereka selalu mengkonsumsi susu rendah lemak untuk diet, demi mendapatkan tubuh ideal.

Pasalnya, jenis susu ini punya kandungan lemak yang lebih sedikit dibanding jenis susu biasa. Sehingga, susu rendah lemak dianggap bisa membantu menurunkan berat badan.

Lho, lagi diet kok malah minum susu?

Ya, mungkin pertanyaan itu masih sering didengar saat kamu melakukan program diet.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, susu jenis ini memiliki kandungan lemak yang rendah, sehingga tidak menyebabkan berat badanmu meningkat.

Selain itu, saat diet biasanya badan lebih mudah merasa lelah, karena kurangnya asupan makanan dalam tubuh.

Dengan meminum susu rendah lemak untuk diet, energi dalam tubuhmu bisa kembali normal. Jadi, kamu bisa beraktivitas seperti biasanya meskipun sedang menjalani program diet.

Perbedaan Susu Rendah Lemak dan Susu Biasa

Dilansir dari berbagai sumber, sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara susu rendah lemak dengan susu biasa. 

Perbedaan tersebut biasanya hanya terletak pada persentase atau jumlah lemak yang terkandung di dalamnya. 

Misal : Whole milk biasanya mengandung 3.25% lemak dari total keseluruhan berat susu. Sedangkan susu rendah lemak (low-fat) hanya memiliki kandungan lemak 1-2% saja.

Dari situ bisa kamu lihat berapa selisih lemak dari kedua jenis susu ini, nggak jauh berbeda kan?

Tapi balik lagi ke diri kamu, sedang diet ataupun tidak, dan meskipun perbedaan keduanya cuma sedikit, nggak ada salahnya minum susu rendah lemak agar kamu tidak mendapatkan asupan lemak berlebih.

Manfaat Susu Rendah Lemak

Tahukah kamu, apa saja manfaat susu rendah lemak selain untuk menurunkan berat badan?

Kalau kamu belum tahu, yuk simak berbagai manfaatnya berikut ini:

1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Seperti yang kamu tahu, susu mengandung kalsium, magnesium dan zat besi yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi, termasuk susu rendah lemak sekalipun.

Dengan rutin minum susu minimal 2 kali sehari, artinya kamu berkontribusi dalam menciptakan kepadatan tulang dan melawan kerusakan gigi. 

Jadi rutinlah minum susu setiap hari agar masa tuamu tetap memiliki tulang dan gigi yang sehat serta kuat.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Detak jantung sehat
Ilustrasi detak jantung via pixabay

Selain untuk kesehatan tulang dan gigi, ternyata susu rendah lemak juga memiliki kandungan mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantungmu lho.

Hal ini dibuktikan oleh beberapa penelitian pada orang dewasa, yang mengkonsumsi susu 2 gelas atau lebih dalam sehari memiliki resiko penyakit jantung lebih rendah. 

Meskipun penelitian itu masih membutuhkan studi lanjutan, tapi kandungan vitamin D dan K dalam susu dianggap baik untuk jantung.

3. Menurunkan Berat Badan

Dilansir dari beberapa artikel kesehatan, sumber protein dalam susu ternyata bisa membuat rasa kenyang lebih lama. 

Dengan begitu kamu terbebas dari perasaan ingin ngemil atau makan berlebih sebelum waktunya. Alhasil, kamu berpotensi untuk menurunkan berat badanmu lebih mudah.

4. Meredakan Gejala PMS (Pre Menstruasi Syndrom)

Buat kamu para ladies, pasti sering tersiksa dengan nyeri perut, perut kembung, pusing, mood swing dan juga cepat merasa lelah saat datang bulan.

Berdasarkan penelitian, konsumsi susu saat haid dianggap efektif mengurangi gejala PMS. 

Meskipun sebenarnya penelitian tersebut belum jelas kelanjutannya, tapi bisa disimpulkan kandungan berbagai nutrisi dan rasa yang lembut pada susu, bisa menenangkan hati dan pikiran saat haid.

Itulah ulasan mengenai susu rendah lemak untuk diet yang dapat kami rangkum. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu punya gambaran mengenai susu untuk diet yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Salam,

Mei

JANGAN KETINGGALAN PROMO TERBARU

Daftarkan emailmu untuk menerima promo, kode kupon, voucher dan informasi belanja terbaru dari Sadiskon. Gratis!

Scroll to Top