Tetap Sedap Tanpa Micin ! 7 Produk Pengganti MSG

produk pengganti msg

MSG (Monosodium Glutamat) atau yang lebih sering disebut micin diklaim bisa menambah cita rasa masakan. Padahal tanpa micin pun masakan bisa tetap sedap dengan menambahkan beberapa produk pengganti MSG.

Saat ini sudah banyak produk pengganti MSG yang dijual bebas dipasaran. Hanya saja, kamu juga bisa mendapatkan produk pengganti MSG secara alami melalui rempah-rempah atau kaldu yang dibuat sendiri.

Sejatinya, menambahkan MSG atau micin dalam masakan nggak akan menyebabkan apa-apa, selama masih dalam takaran wajar. Sebab, produk MSG yang saat ini beredar di pasaran sudah mendapatkan sertifikasi aman dari BPOM.

Akan tetapi, ada orang yang punya sensitivitas tinggi terhadap vetsin/micin yang membuatnya jadi tidak sehat. 

Hal ini diperkuat oleh penelitian yang membuktikan bahwa orang yang sensitif terhadap vetsin mengeluhkan pusing, nyeri otot, kesemutan dan wajah memerah setelah mengkonsumsi micin 3 gram per sajian.

Bukan itu saja, beberapa penelitian lain menyebutkan penggunaan MSG jangka panjang bisa membuat seseorang mengalami tekanan darah tinggi. 

Untuk menghindari hal itu, sebaiknya kamu mencari alternatif produk pengganti MSG mulai sekarang. Berikut ini kami rangkumkan 7 produk pengganti MSG yang bikin makanan tetap sedap. Cekidot!

7 Produk Pengganti MSG

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya nggak sulit membuat makanan menjadi lebih sedap meskipun tanpa micin. 

Karena Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah, kamu cukup menambahkan beberapa jenis rempah sebagai penguat rasa alami. Daripada penasaran, simak 7 produk pengganti MSG berikut ini :

1. Minyak Zaitun

Produk pengganti MSG pertama yang bisa kamu coba adalah minyak zaitun. Ternyata, manfaat minyak zaitun sangat beragam. Bagaimana tidak, selain baik untuk kesehatan kulit dan rambut, minyak zaitun juga berfungsi sebagai penyedap rasa.

Misalnya saja untuk menumis sayuran, saat kamu memasaknya dengan minyak zaitun wangi khas minyak zaitun bisa meningkatkan kelezatan masakan.

Bukan cuma itu, minyak zaitun juga bisa dipakai sebagai bumbu marinasi daging lho. Biasanya daging punya aroma khas, seperti bau amis atau darah.

Dengan membalurkan minyak zaitun pada daging mentah, selain bisa menghilangkan bau amis juga bisa membuat daging menjadi lebih sedap saat dimasak.

2. Rempah-Rempah

produk pengganti msg yang aman

Tahukah kamu Indonesia dijuluki sebagai ‘Mother of Spices’. Sebab, Indonesia terkenal sebagai negara penghasil rempah-rempah terbanyak di dunia. Bagaimana tidak, dari 400-500 jenis rempah di dunia, 275 jenis berada di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Nah, kalau Indonesia sudah punya ratusan jenis rempah kenapa nggak kamu manfaatkan saja sebagai penyedap rasa alami untuk meningkatkan kelezatan makanan. 

Rempah alami seperti bawang putih, bawang merah, merica dan rosemary bisa kamu gunakan sebagai produk pengganti MSG alami untuk membuat masakan menjadi lebih sedap.

Sebenarnya nggak cuma 4 jenis rempah tersebut yang berfungsi sebagai produk pengganti MSG alami. Masih banyak rempah-rempah lain yang bisa membuat masakan lebih sedap atau sebagai produk pengganti MSG.

Hanya saja kamu perlu menyesuaikan rempah-rempah yang digunakan dengan jenis masakan yang dibuat. Jadi, tanpa micin pun dijamin masakan kamu tetap lezat.

3. Jamur

manfaat jamur

Mungkin kamu sudah tahu, kalau jamur bisa diproduksi menjadi kaldu non MSG. Nggak heran, sekarang banyak sekali produsen yang menjual produk pengganti MSG dari bahan utama jamur. 

Kamu bisa mencari produk pengganti MSG jenis kaldu jamur di berbagai e-commerce dengan harga yang bervariatif. 

Akan tetapi, kamu juga bisa memanfaatkan jamur sungguhan sebagai campuran ke dalam masakan untuk menambah rasa ‘umami’. 

Buka cuma itu, selain meningkatkan cita rasa makanan, jamur juga punya protein cukup yang bisa membuatmu lebih sehat. 

4. Rumput Laut

rumput laut pengganti msg

Perlu kamu tahu, ternyata rumput laut yang biasa digunakan dalam membuat sushi ini bisa dijadikan sebagai  produk pengganti MSG untuk menguatkan rasa makanan.

Hanya saja, rumput laut yang dimaksud disini bukan yang masih segar, namun dalam bentuk powder

Sebab, sekarang nggak mudah mendapatkan rumput laut segar, sebagai gantinya kamu hanya perlu membeli rumput laut bubuk yang sudah banyak beredar. 

Kamu hanya perlu menambahkan beberapa sendok tepung rumput laut ke dalam masakan untuk menambah cita rasa kelezatan makanan. 

Bukan cuma itu, rumput laut juga mengandung banyak sekali nutrisi, sehingga menambahkan rumput laut ke dalam masakan bukan hanya berfungsi sebagai produk pengganti MSG tetapi juga memperkaya asupan nutrisi.

5. Tomat

Produk pengganti MSG yang kelima adalah tomat. Penah nggak sih kamu masak sayur sop tanpa menambahkan potongan tomat? 

Meskipun sudah pakai micin, tapi rasanya masih kurang sedap bukan?

Nah, bagaimana kalau kamu mengganti micin dengan tomat saat membuat sayur sop atau sayur-sayur lainnya agar rasanya bisa lebih sedap. Dengan begitu kamu bisa mengurangi penggunaan MSG secara teratur.

Yang perlu kamu tahu, menambahkan potongan tomat ke dalam masakan bukan hanya membuat makanan semakin lezat, tapi juga mengurangi resiko penyakit jantung.

Sebab, selain bertugas sebagai produk pengganti MSG, tomat juga bekerja sebagai elemen yang bisa menstabilkan  tekanan darah, melancarkan sistem pencernaan dan mencegah kanker.

Jadi, jangan lupa tambahkan beberapa potong tomat saat memasak ya girls.

6. Kaldu Non MSG

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini sudah banyak kaldu non MSG yang dijual bebas di pasaran. Berbagai merk produk pengganti MSG jenis kaldu bisa dengan mudah kamu temui di minimarket dan juga toko online.

Namun, jika kamu ingin kaldu non MSG yang lebih alami, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Kamu bisa merebus daging sapi, ayam atau jenis daging lainnya untuk diambil kaldunya yang kemudian dapat ditambahkan ke dalam masakan.

7. Kecap Asin

produk penyedap rasa yang aman

Kecap Asin atau yang juga disebut kecap Inggris ternyata berfungsi sebagai produk pengganti MSG lho. Nggak heran banyak restoran Jepang yang menyajikan sushi dengan kecap asin untuk menambah sensasi kelezatan makanan.

Kamu cukup tambahkan beberapa sendok teh kecap asin ke dalam tumisan atau sayur dan juga berbagai masakan lainnya. 

Kesimpulan

Itulah 7 produk pengganti MSG yang bisa kamu pilih untuk menambah kelezatan makanan. Jika kamu sudah terbiasa memakai MSG saat memasak, sebenarnya nggak ada salahnya lho tetap menambahkan sedikit micin ke dalam masakan. 

Hanya saja, kamu perlu membatasi penggunaan MSG dengan cara menambahkan micin dalam dosis ringan atau sewajarnya saja. Semoga bermanfaat!

Scroll to Top