scroll untuk lanjut membaca
07 Dec 2023

Arti Istilah POV dan Kepanjangan POV dalam Bahasa Gaul

Istilah pov artinya dan contoh foto POV

Artikel ditulis oleh Kang Akhyar

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!

Ketika kamu scrolling di aplikasi sosial media, mungkin kamu sering menemukan istilah-istilah baru yang kamu gak pahami. Misalnya singkatan bahasa gaul atau istilah bahasa asing yang saking kamu gak ngertinya, seolah-olah kamu lagi baca bahasa alien dari planet Uranus hehe...

Salah satu istilah yang cukup sering dipakai di sosial media adalah POV. Nah, kamu sudah tahu POV artinya apa? Yuk kita bahas bareng di artikel singkat ini!

Contoh POV

Sebelum kita bahas apa itu POV atau artinya, kita bongkar dulu contoh kata-kata yang sering pakai istilah POV ini. Biasanya istilah POV ini dipakai sebagai caption atau keterangan gambar dan video yang di-upload ke sosial media. Beberapa contohnya kayak gini:

Contoh 1: "POV: Itikaf pas bulan puasa"

contoh pov pas itikaf puasa

Contoh POV: Itikaf pas bulan puasa

Di contoh pertama ini, si pengirim foto atau yang posting ingin menjelaskan ini adalah suasana itikaf di dalam masjid saat bulan Ramadan.

Di foto ada beberapa anak yang tertidur di karpet masjid, alih-alih memperbanyak ibadah malam.

Contoh 2: "POV: Disuruh sabar sama adek sendiri"

contoh pov disuruh sabar

sumber: Twitter

Di contoh berikutnya, ada gambar anak kecil yang "seperti" sedang marah. Dan di caption atau keterangan gambarnya dituliskan "POV: disuruh sabar sama adek sendiri".

Maksudnya, si pengirim gambar ingin menjelaskan bahwa "biasanya" kalo seorang adik atau kakak menyuruh saudaranya untuk sabar, jutru dia ngomongnya sambil marah.

Contoh 3: "POV: Ketika kamu disamperin temen cowo, tapi ga boleh keluar sama ortu"

contoh pov

Gambar kucing dengan sebagai contoh POV

Di contoh terakhir, ada foto kucing yang ada di teras rumah. Di sini si pengirim gambar mau memberitahu bahwa keadaan kayak si kucing ini mirip banget dengan seorang cewek yang disamperin cowok tapi dilarang oleh orang tuanya. Sehingga akhirnya si cewek, cuma di teras aja.

POV Artinya Apa dong?

Nah, kira-kira dari 3 contoh sebelumnya, kamu sudah bisa ambil kesimpulan belum, apa itu POV di sosial media dan bahasa gaul?

Kalau kamu baca semua contohnya, pasti kamu bisa tarik "benang merahnya". Bagaimana cara membuat POV dan menggunakannya di sosial media.

Oke, sekarang kamu udah paham secara umum istilah POV. Nah, gak lengkap kayaknya kalau kita gak bongkar juga kepanjangan singkatan POV itu sendiri.

Kepanjangan POV

Kepanjangan POV adalah Point of View. Ini adalah istilah bahasa Inggris yang artinya "sudut pandang". Dalam konteks bahasa gaul atau bahasa sosial media, POV sering dipakai untuk menjelaskan tentang sudut pandang dari konten kreator atau orang yang mengunggah gambar dan video.

Selain POV, ada juga istilah "angle" yang sering dipakai untuk menjelaskan sudut pandang sebagai alternatif dari POV.

Fun Fact

Mungkin ada yang menganggap POV adalah istilah bahasa gaul netizen Indonesia aja, tapi faktanya istilah POV dipakai hampir oleh semua netizen di seluruh dunia. Dan penggunaan POV di bahasa apapun, kurang lebih hampir sama tujuan, yaitu menjelaskan sudut pandang.

Kesimpulannya...

Biar lebih enak, kita bikin kesimpulan tentang si bahasa gaul POV ini ya?

  1. POV adalah singkatan dari Point of View.
  2. POV berasal dari bahasa Inggris yang artinya sudut pandang.
  3. POV biasa dipakai untuk menjelaskan konteks sudut pandang dari gambar atau video yang diupload ke sosial media / dikirim ke chat.
  4. Istilah POV paling sering dipakai di aplikasi sosial media dan chat.
  5. Isitilah POV gak cuma dipakai di Indonesia, tapi oleh semua netizen di seluruh dunia.
Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!