scroll untuk lanjut membaca
01 Jan 2024

Berapa Menit Masak Telur Rebus? Ini 4 Tips Mudah Telur Rebus Yang Enak

Cara membuat telur rebus setengah matang dan sempurna

Artikel ditulis oleh Iyut

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!

Telur rebus adalah salah satu hidangan simpel yang disukai semua kalangan. Mulai anak-anak hingga dewasa, laki-laki atau perempuan, semua suka telur rebus. Hal ini karena telur rebus memang sangat mudah dan praktis untuk dibuat. Kandungan gizi telur rebus yang kaya protein, juga jadi alasan kenapa menu sederhana ini sangat populer.

Tapi tahukah kamu, ternyata untuk mendapatkan telur rebus yang enak, kamu sebaiknya tahu berapa lama masak telur rebus. Tujuannya supaya didapatkan hasil yang maksimal dengan tetap mempertahankan kandungan nutrisi dalam telur rebus.

Kandungan Gizi Telur Rebus

1 butir telur rebus mengandung protein sekitar 6 gram. Kandungan protein ini sangat penting dalam membangun otot dan tulang. Selain itu, protein adalah komponen penting dalam produksi hormon dan enzim dalam tubuh.

Profil protein dalam telur rebus terbilang cukup lengkap loh! Hal ini karena mengandung 9 (sembilan) asam amino esensial. Kandungan protein terbanyak dalam telur rebus ada di bagian kuning telurnya. Hampir setengah kandungan protein telur, ada di kuningnya. Tapi ada juga sebagian kecil protein pada putih telur.

Kandungan gizi lain telur rebus yang juga bermanfaat untuk kesehataan, di antaranya:

  1. Kalori
  2. Lemak
  3. Kolesterol
  4. Natrium
  5. Karbohidrat
  6. Gula
  7. Vitamin A, Vitamin D
  8. Kalsium
  9. Zat Besi

Apakah makan telur rebus bisa menambah berat badan?

Banyak yang percaya makan telur rebus bisa membuat berat badan naik. Faktanya, ternyata justru sebaliknya. Jumlah kalori yang terkandung dalam telur rebus hnaya sekitar 78 kalori per butirnya.

Dengan kalori yang rendah, tentu saja telur rebus bisa dimanfaatkan untuk menunjang program diet kamu. Jadi makan telur rebus tidak akan membuat kamu gemuk ya!

Berapa lama memasak Telur Rebus?

Sebelum menentukan berapa lama masak telur rebus, kamu perlu tahu nih kalau ternyata ada beberapa jenis tingkat kematangan telur rebus. Secara umum sih hanya terbagi 2 (dua) ya, yaitu telur rebus setengah matang atau disebut juga soft boiled egg dan telur rebus matang sempurna atau hard boiled egg.

Membuat Telur Setengah Matang

Untuk membuat telur setengah matang, kamu bisa mengatur lama merebus mulai dari 6 sampai 8 menit. Masing-masing waktu punya perbedaan dalam hal tekstur telur setengah matang yang dihasilkan.

Jika merebus telur 6 menit, kamu akan menghasilkan kuning telur yang meleleh dan bagian putihnya masih lembut. Telur setengah matang jenis ini agak jarang atau kurang disukai kebanyakan lidah Indonesia.

Sedangkan jika kamu merebus telur selama 6 menit, kamu bisa mendapatkan telur setengah matang yang agak "creamy". Telur setengah matang jenis ini yang paling disukai orang Indonesia umumnya.

Telur Rebus Matang Sempurna

Untuk memasak telur rebus yang matang sempurna, kamu dapat merebus selama 10 - 12 menit. Jika dimasak 10 menit, telur sudah matang sempurna tapi teksturnya masih relatif lembut. Sedangkan jika dimasak selama 12 menit, telur lebih terasa padat, baik putih serta kuning telurnya.

Berikut ini hasil telur rebus berdasarkan perbedaan lama memasaknya.

Lama rebus telur setengah matang dan sempurna

Telur rebus berdasarkan lama memasaknya.

Tips Tambahan: Merebus telur agar mudah dikupas

Ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan untuk membuat telur rebus yang mudah dikupas dan tidak mudah pecah. Berikut ini tipsnya:

Telur Dari Kulkas Jangan Langsung Direbus

Ini tips pertama, jika kamu biasa menyimpan telur di dalam kulkas, sebaiknya jangan langsung dipanaskan atau direbus. Tunggu sampai telur mempunyai suhu yang setara dengan suhu ruangan.

Masukkan Telur Saat Air Sudah Mendidih

Nah, ini terkesan sepele dan banyak yang tidak tahu. Jika kamu ingin merebus telur, maka sebaiknya masak air dulu hingga mendidih, baru masukkan telurnya. Jangan merebus telur sejak air masih dingin ya!

Tujuannya apa? Supaya telur masak / matang dengan merata sehingga tidak lengket, dan mudah dikupas.

Dinginkan Dengan Air Es

air es batu untuk telur rebus

Air es batu membantu membuat telur rebus mudah dikupas

Jika telur sudah matang, sesuai dengan tingkat kematangan yang kamu inginkan, angkat telur dari panci kemudian dinginkan dalam air es. Air es membuat tekstur telur bagian dalam lebih mengeras, sehingga akan lebih mudah dikupas nantinya.

Nah, ternyata memasakan hidangan sederhana seperti telur rebus saja ada triknya ya? Sekarang kamu gak perlu ragu lagi kalau mau membuat telur rebus yang enak dan sempurna. Selamat mencoba ya!

Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!