Ketahui Sejarah Nasi Liwet Sunda dan Cara Membuatnya

sejarah nas liwet sunda

Siapa yang nggak tau nasi liwet?

Rasanya hampir setiap orang tau dengan makanan khas sunda ini, khususnya orang Jawa Barat asli.

Di Jawa Barat, hampir setiap restoran khas sunda punya menu nasi liwet. Biasanya nasi liwet dihidangkan dengan beberapa menu pendamping, misal : sambal, lalapan, ikan asin, tahu dan tempe goreng.

Sebenarnya, tanpa tambahan menu lain pun nasi liwet sudah sangat nikmat dan bisa dimakan begitu saja. Sebab, nasi liwet dibuat dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah khas Nusantara yang bikin lezat.

Tapi, tau nggak sih bagaimana sejarah nasi liwet sunda yang ada di Bumi Jawa Barat? 

Nah..kalau kamu belum tahu, simak tulisan ini sampai habis ya. Karena disini saya akan kasih tau sejarah tentang nasi liwet dan juga cara membuatnya.

Penasaran kan sama resepnya? Let’s see!

Sejarah Nasi Liwet Sunda 

Jangan ngaku orang sunda, kalau kamu sendiri nggak tau gimana sejarah terciptanya nasi liwet. Dilansir dari wikipedia, nasi liwet sendiri artinya nasi yang dimasak dengan berbagai rempah.

Nasi liwet adalah sebuah tirakat yang menjadi sajian nikmat. Mungkin kalimat ini bisa memberikan sedikit gambaran tentang nasi liwet.

Tirakat adalah sebuah istilah yang berarti menahan hawa nafsu. Dimana nasi liwet tercipta dari sebuah kebiasaan penduduk yang tinggal di perkebunan dalam upaya penghematan.

Dulu, orang-orang yang tinggal di Jawa Barat harus menempuh jarak puluhan kilometer dengan berjalan kaki untuk bisa sampai ke perkebunan.

Dalam upaya penghematan ini, masyarakat membawa bekal nasi beserta lauknya dalam satu tempat yang tertutup rapat dan terbuat dari baja. Adapun tempat nasi ini disebut ketel atau kastrol. 

Nasi dimasak menggunakan kastrol langsung bersama lauk dan bumbu-bumbu, seperti garam, bawang, lengkuas, sereh, daun salam, cabe dan sedikit minyak. 

Sedangkan untuk lauk yang dimasak bersama nasi biasanya pindang ikan, teri, ikan asin jambal roti atau peda merah. Inilah kenapa nasi liwet punya cita rasa yang khas dan nikmat.

Itulah sejarah singkat nasi liwet sunda yang sekarang bisa kamu temukan dengan mudah di restoran atau warung makan khas sunda. 

Ternyata, banyak cerita menarik ya dibalik terciptanya makanan-makanan lezat yang ada di Bumi Pertiwi. Nah, setelah tau sejarah nasi liwet sunda di atas, pasti kamu udah nggak sabar untuk tau resep dan cara membuatnya.

Yuk langsung eksekusi!

Resep dan Cara Membuat Nasi Liwet Sunda

Bahan-Bahan :

  • 400 gram beras yang sudah dicuci bersih
  • 800 ml air
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt kaldu bubuk / penyedap rasa (optional)
  • 4 butir bawang merah, iris
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai yang dimemarkan
  • 4 buah cabe keriting, iris serong
  • 2 sdm minyak

Cara Membuat :

  1. Panaskan minyak, tumis bawang, cabe, daun salam, dan sereh sampai aromanya tercium. Lalu angkat dan sisihkan.
  2. Masak beras bersama air, garam dan penyedap rasa, kemudian masukan bumbu yang sudah ditumis.
  3. Jika kamu masak dalam rice cooker, tunggu sampai matang dan benar-benar tanak.
  4. Jika kamu membuatnya menggunakan kastrol, masak sampai mendidih kemudian kecilkan api dan tutup.
  5. Lanjutkan memasak diatas api kecil sampai benar-benar matang. Ingat! Nggak boleh pakai api sedang apalagi besar untuk menghindari gosong.
  6. Jika sudah benar-benar matang, angkat dan sajikan bersama sambal, ikan asin, dan lalapan mentah seperti pete, jengkol, timun, kemangi, dll.

Gimana, gampang kan? Yuk langsung bikin sekarang juga. Selamat Mencoba!

Salam,

Mei

JANGAN KETINGGALAN PROMO TERBARU

Daftarkan emailmu untuk menerima promo, kode kupon, voucher dan informasi belanja terbaru dari Sadiskon. Gratis!

Scroll to Top