scroll untuk lanjut membaca
22 Dec 2023

Jangan Dibuang! Ternyata Ada Manfaat Rambut Jagung Untuk Kesehatan Lho!

Manfaat rambut jagung untuk kesehatan

Artikel ditulis oleh Iyut

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!

Ketika kamu memasak jagung atau membuat jagung rebus, biasanya rambut jagung akan dibersihkan dan dibuang. Padahal, ternyata rambut jagung mempunyai sejumlah kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Hal ini karena rambut jagung mengandung serat, atioksidan, protein dan sejumlah vitamin.

Manfaat Air Rebusan Rambut Jagung

Untuk mendapatkan manfaat rambut jagung untuk pengobatan dan kesehatan, kamu bisa merebusnya dan diambil sebagai minuman teh herbal.

Berikut ini beberapa manfaat rambut jagung untuk kesehatan tubuh seperti dikutip dari alodokter.

1. Rambut Jagung Untuk Obat Darah Tinggi

Berdasarkan penelitian, rambut jagung bisa dipergunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Cara kerjanya yaitu dengan membuang kelebihan air dan garam dalam tubuh akibat kandungan rambut jagung yang bersifat diuretik.

Rambut jagung juga mempunyai senyawa yang bermanfaat untuk menghambat kerja enzim dalam produksi hormon angiotensin II. Yaitu hormon yang bisa meningkatkan tekanan darah.

2. Mencegah Kolesterol Tinggi

Kolesterol dalam tubuh ada 2 jenis, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Nah, kandungan rambut jagung dapat membantu menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan menurunkan kolesterol jahat.

3. Membantu Mengatasi Diabetes

Penyakit Diabetes disebabkan oleh tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah. Ekstrak rambut jagung mempunyai khasiat untuk memperlambat penyerapan gula di usus. Hal ini mampu mencegah lonjakan gula darah di atas normal secara tiba-tiba pada penderita diabetes.

4. Mengatasi Infeksi Saluran Kemih / Manfaat Rambut Jagung Untuk Ginjal

Karena mempunyai kandungan anti radang, rambut jagung dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit nyeri saat buang air kecil yang disebabkan oleh Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Kandungan lainnya yaitu senyawa antilithiatic. Senyawa ini bermanfaat untuk mencegah terbentuknya batu ginjal, salah satu penyebab Infeksi Saluran Kemih.

5. Meringankan Radang Sendi

Flavonoid dan Terpenoid dalam rambut jagung dapat membantu meringankan gejala radang sendi. Umumnya gejala yang dirasakan seperti nyeri, bengkak, terasa panas dan kemerahan pada sendi.

6. Manfaat Rambut Jagung Untuk Mata

Masih dikutip dari alodokter, orang dengan tekanan darah tinggi yang mengkonsumsi rambut jagung memiliki risiki yang lebih rendah terkena Glaukoma. Glaukoma adalah gangguan kesehatan pada mata, di mana saraf penglihatan mengalami kerusakan. Biasanya dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah dalam bola mata.

Dengan mengkonsumsi sari rambut jagung, penurunan kualitas penglihatan dan glaukoma dapat dicegah.

Cara Mengkonsumsi Rambut Jagung

Untuk menggunakan rambut jagung sebagai obat dan suplemen kesehatan sangatlah mudah. Cukup dengan memisahkan rambut jagung dari bonggolnya dan bersihkan.

Rebus rambut jagung dalam air mendidih kemudian saring dan jadikan air rebusan jagung ini sebagai minuman teh herbal.


Ternyata dibalik ukurannya yang kecil dan sering dianggap sampah, rambut jagung mempunyai manfaat yang tidak bisa diremehkan untuk kesehatan.

Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!