scroll untuk lanjut membaca
03 Jun 2023

Belum Tau Delivery Artinya Apa? Kita Bahas Tuntas Yuk!

Artikel ditulis oleh Kang Akhyar

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!

Apa itu Delivery? Delivery merupakan istilah yang sering digunakan dalam berbagai konteks. Secara umum, delivery dapat diartikan sebagai proses pengiriman atau penyerahan sesuatu dari satu tempat ke tempat lain. Namun, dalam konteks bisnis, delivery memiliki makna yang lebih khusus.

Delivery dalam konteks bisnis sering merujuk pada pengiriman barang atau jasa kepada pelanggan. Hal ini merupakan bagian penting dalam rantai pasokan dan penyebaran produk atau layanan kepada konsumen.

Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian dan implikasi delivery dalam beberapa aspek, termasuk pengiriman barang, layanan makanan, dan dunia layanan digital.

Delivery sebagai pengiriman barang

Delivery artinya apa? Kurir adalah contoh delivery

Kurir delivery pengiriman barang

Pengiriman barang merupakan salah satu contoh paling umum dari pengertian delivery. Ini terjadi ketika barang atau produk dikirim dari pihak penjual kepada pihak pembeli atau konsumen. Proses pengiriman barang melibatkan serangkaian kegiatan, mulai dari penerimaan pesanan, pengemasan, pengambilan oleh jasa pengiriman, hingga sampai ke tangan konsumen.

Terdapat beberapa jenis pengiriman barang yang umum digunakan, seperti pengiriman melalui jasa kurir atau ekspedisi, pengiriman melalui pos, atau bahkan pengiriman langsung oleh pihak penjual.

Setiap jenis pengiriman memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing, tergantung pada kebutuhan dan preferensi pelanggan.

Delivery dalam layanan makanan

Gofood contoh delivery makanan

GoFood adalah salah satu jenis layanan delivery makanan

Selain pengiriman barang, delivery juga sering dikaitkan dengan layanan makanan. Dalam konteks ini, delivery merujuk pada pengiriman makanan siap saji dari restoran atau warung makan kepada konsumen.

Konsep delivery makanan semakin populer dengan adanya platform aplikasi yang memungkinkan konsumen untuk memesan makanan secara online dan mengantarkannya langsung ke rumah mereka.

Penggunaan layanan delivery makanan memiliki banyak keuntungan bagi konsumen. Mereka dapat menikmati hidangan favorit mereka tanpa harus keluar rumah atau memasak sendiri.

Proses pengiriman makanan umumnya melibatkan langkah-langkah seperti pemesanan melalui aplikasi, persiapan makanan di restoran, pengemasan, dan pengiriman oleh kurir. Semua ini bertujuan untuk memastikan makanan tiba dengan aman dan tetap segar saat sampai ke tangan konsumen.

Delivery dalam dunia layanan digital

Tiket elektronik atau e-ticket

Selain itu, delivery juga memiliki peran penting dalam dunia layanan digital. Dalam konteks ini, delivery dapat merujuk pada pengiriman layanan atau konten digital kepada pengguna. Misalnya, dalam industri hiburan, delivery dapat berarti pengiriman konten seperti film, musik, atau buku digital melalui platform streaming atau e-commerce.

Contoh-contoh layanan digital yang menggunakan delivery adalah platform streaming video seperti Netflix atau Spotify, di mana pengguna dapat mengakses dan menikmati konten yang mereka pilih melalui pengiriman secara digital.

Manfaat dari delivery dalam layanan digital adalah pengguna dapat dengan mudah mengakses konten yang mereka inginkan tanpa harus memiliki fisik atau pergi ke tempat tertentu.

Cash on Delivery (COD)

Tutorial COD Shope

Ada satu istilah turunan Delivery yang digunakan dalam jual beli online. Istilah ini adalah Cash on Delivery yang sering disingkat menjadi COD.

Cash on Delivery (COD) adalah metode pembayaran yang umum digunakan dalam pengiriman barang, layanan makanan, dan layanan digital. Dalam konteks delivery, COD mengacu pada pembayaran yang dilakukan oleh konsumen pada saat barang atau layanan diterima. Konsumen akan membayar dengan uang tunai kepada kurir atau penyedia layanan yang mengantarkan pesanan.

Keuntungan COD

Keuntungan menggunakan metode pembayaran COD dalam delivery adalah memberikan kenyamanan dan kepercayaan bagi konsumen. Mereka tidak perlu melakukan pembayaran sebelumnya atau menggunakan metode pembayaran online yang mungkin tidak familiar atau dianggap kurang aman.

Kesimpulan

Delivery artinya apa?

Secara garis besar, arti delivery menunjukkan tentang pengiriman barang. Baik dalam konteks jual beli online, jasa, ataupun konteks umum lainnya.

COD singkatan dari apa?

COD adalah singkatan dari Cash on Delivery. Istilah turunan dari kata delivery, yang berarti pembayaran dilakukan setelah barang dikirimkan ( diterima pembeli )

Apa kelebihan COD?

COD memudahkan bagi pembeli online yang tidak mempunyai akses ke rekening bank atau metode pembayaran digital. COD juga membuat belanja online relatif lebih tenang bagi pembeli.

Secara keseluruhan, pengertian delivery dapat berbeda-beda tergantung pada konteks penggunaannya. Dalam konteks pengiriman barang, delivery merujuk pada pengiriman barang dari penjual kepada konsumen. Dalam layanan makanan, delivery mengacu pada pengiriman makanan siap saji kepada konsumen. Sementara dalam dunia layanan digital, delivery merujuk pada pengiriman layanan atau konten digital kepada pengguna.

Dalam era digital yang terus berkembang, delivery menjadi semakin penting untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan kenyamanan dan aksesibilitas. Dalam hal ini, penggunaan teknologi dan platform online memainkan peran kunci dalam memfasilitasi proses delivery. Dengan memahami arti dan implikasi dari delivery, kita dapat lebih memahami bagaimana pengiriman barang, layanan makanan, dan layanan digital dapat mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!