5 Manfaat Gaya Hidup Sederhana

Gaya hidup sederhana Alber Einstein

Gaya hidup adalah hedonisme atau kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang. Ada orang yang bergaya hidup mewah, ada juga orang dengan gaya hidup sederhana.

Sebenarnya, gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder yang bisa berubah sesuai keadaan dan keinginan.

Ya benar, semua gaya hidup bisa disesuaikan dengan keinginan seseorang. Sebab, ada orang yang sebenarnya memiliki kekayaan melimpah, namun tetap menampilkan gaya hidup sederhana.

Ada pula orang dengan kondisi ekonomi pas-pasan, tapi ingin dinilai berada dan selalu bergaya layaknya si kaya. 

Padahal, Om Bob Sadino (pengusaha sukses) semasa hidupnya selalu berpesan “bergayalah sesuai dengan isi dompetmu” sebab “yang beneran punya, nggak akan banyak bicara seperti mereka yang belaga sok punya”.

Berdasarkan kalimat diatas, seharusnya kita belajar menjadi seseorang yang apa adanya, menampilkan apa yang seharusnya dan tidak berlebih-lebihan.

Karena sejatinya, bergaya hidup sederhana justru membuat kita semakin bahagia. Untuk itu, yuk kita simak apa saja manfaat dari gaya hidup sederhana berikut ini.

Manfaat Gaya Hidup Sederhana

1. Menambah rasa syukur

Manfaat yang pertama dari gaya hidup sederhana adalah menambah rasa syukur. Dengan hidup secara sederhana dan merasa cukup atas apa yang dimiliki saat ini, maka bisa meningkatkan rasa syukur.

Dengan rasa syukur itu pula, kita bisa hidup lebih nyaman dan tidak mementingkan penilaian orang lain.

2. Menanamkan sikap dermawan

Pada hakikatnya, hidup sederhana bisa membentuk karakter dan mental yang cukup pada seseorang. 

Sebab, kebiasaan mengkonsumsi apa yang dibutuhkan saja bisa menjadikan seseorang lebih bersikap dermawan.

Dengan begitu, kita bisa mengalokasikan sisa dana yang dimiliki untuk hal lain yang lebih bermanfaat, misalnya sedekah. 

3.Belajar mengatur keuangan

Manfaat yang ketiga dari gaya hidup sederhana adalah bisa belajar mengatur keuangan. Karena dengan hidup yang sederhana, kamu bisa menjadi lebih selektif dalam membedakan kebutuhan dan keinginan. 

Dengan kebiasan seperti itu pula, kamu bisa mengatur uang yang dimiliki akan dipakai untuk apa, seperti menabung, bersedekah, dan lain-lain.

4. Lebih bertanggung jawab

Sebenarnya poin yang ke 4 ini berkaitan dengan manfaat sebelumnya. Dengan bergaya hidup sederhana kamu bisa bertanggung jawab untuk selalu mengatur keuangan dengan baik.

5. Mengurangi stress

Ini adalah poin terpenting diantara 4 manfaat lainnya. Contoh kasus :

Si A berteman dengan B yang terkenal sangat kaya raya. Karena merasa malu dan tidak mau dipandang sebelah mata, A berpura-pura memiliki segalanya. Ia selalu memaksakan diri dengan gaya hidup mewah.

Padahal hidupnya sangat pas-pasan, bahkan untuk berpura-pura kaya saja dia rela pinjam sana-sini.

Dari kasus diatas, bisakah kamu menarik kesimpulan?

Kesimpulannya adalah jika A terus menerus melakukan hal seperti itu, dapat dipastikan hidupnya tidak akan nyaman, merasa was-was, dan ujung-ujungnya bisa menjadi stress.

Dengan menerapkan gaya hidup sederhana dan apa adanya, seharusnya A bisa menjalani hidup lebih tenang serta terhindar dari stress.

Kesimpulan

Pengaruh modernisasi yang sangat pesat belakangan ini membuat orang lupa dengan pola hidup sederhana. Akibatnya, banyak orang yang merasa gengsi dan lebih suka hidup berfoya-foya. 

Padahal, dengan gaya hidup mewah dan menghamburkan banyak uang tidak akan menjadikanmu kaya.

Sebaliknya, bergaya hidup sederhana bisa mengantarkanmu ke gerbang kekayaan yang sesungguhnya, yakni kaya harta dan kaya hati. 

Itulah beberapa manfaat dari gaya hidup sederhana yang dapat kami sampaikan. Semoga tulisan ini bisa menginspirasimu dalam menerapkan pola hidup sederhana.

Salam sukses,

Mei

JANGAN KETINGGALAN PROMO TERBARU

Daftarkan emailmu untuk menerima promo, kode kupon, voucher dan informasi belanja terbaru dari Sadiskon. Gratis!

Scroll to Top