5 Negara Dengan Pendidikan Terbaik Di Dunia 2021

pendidikan terbaik di dunia

Berniat melanjutkan studi di luar negeri? 

Inilah 5 daftar negara dengan pendidikan terbaik di dunia 2021.

Meskipun saat ini pendidikan di Indonesia masih terus dibenahi, sayangnya negara kita belum masuk ke dalam daftar negara dengan pendidikan terbaik di dunia tahun 2021. 

Sebenarnya, mutu pendidikan terbaik di dunia ditentukan oleh hasil survei internasional yang juga dinilai dari berbagai persepsi individu. 

Biasanya survei ini dilakukan untuk menciptakan skor pengukuran dalam berbagai indikator keberhasilan yang ada di sebuah lembaga pendidikan dunia.

Umumnya, survei ini dilaksanakan pada tingkat universitas, mulai dari metode pengajaran, sistem pendidikan, hingga popularitas suatu kampus. 

Nggak heran, banyak pelajar Indonesia memilih melanjutkan kuliahnya di luar negeri yang sangat terkenal dengan kualitas pendidikannya.

Bahkan beberapa selebriti tanah air seperti Maudy Ayunda, Tasya Kamila, Gita Gutawa, Vidi Aldiano, dan Mikha Tambayong juga berkuliah di negara dengan pendidikan terbaik di dunia lho.

Sebagai kaum milenial, memilih pendidikan terbaik adalah hal yang penting. Sebab, pendidikan adalah modal utama dalam menentukan masa depan cemerlang.

Dengan pendidikan terbaik, kamu mampu menjadi pemimpin hebat yang berintelektual. Bukan itu saja, dengan wawasan yang luas, kedepannya kamu bisa menciptakan peradaban yang lebih baik dari saat ini.

Untuk itu, simak beberapa negara dengan pendidikan terbaik di dunia tahun 2021 versi Sadiskon berikut ini yuk!

5 Negara Dengan Pendidikan Terbaik Di Dunia

1. Amerika Serikat

negara dengan pendidikan terbaik di dunia

Negara dengan pendidikan terbaik di dunia nomor satu adalah Amerika Serikat. Amerika Serikat masuk dalam kategori negara yang menawarkan pendidikan dengan kualitas nomor 1 di dunia. 

Sebab, sistem pendidikan yang ada di negara ini hampir semuanya dibiayai oleh pemerintah federal. Dimana biaya itu didapatkan dari hasil pajak properti negara-negara bagian.

Nggak heran, mayoritas lulusan sekolah menengah atas melanjutkan pendidikannya sampai ke perguruan tinggi. 

Bukan itu saja, Amerika juga menjadi tuan rumah bagi 8 dari 10 universitas terbaik di dunia.

Jika kamu merencanakan kuliah di negeri Paman Sam, banyak sekali universitas yang bisa kamu pilih, diantaranya Harvard dan Stanford University yang sangat populer.

Kamu juga bisa menempuh pendidikan dengan jalur beasiswa untuk meringankan biaya. 

2. Inggris

negara yang memiliki pendidikan terbaik

Negara dengan pendidikan terbaik di dunia selanjutnya adalah Inggris. Inggris punya sistem pendidikan yang mewajibkan anak-anak bersekolah sejak usia 5 tahun sampai 16 tahun. 

Inggris juga mempunyai 2 universitas yang masuk dalam daftar universitas terbaik di dunia, salah satunya Oxford University. 

Negara dari Ratu Elizabeth ini telah melahirkan berbagai lulusan terbaik yang menjadi peraih Nobel bergengsi. Selain itu, hasil penelitian yang dilakukan oleh berbagai universitas di Inggris juga sangat diakui oleh dunia.

Jika kamu mengenal sosok fisikawan Stephen Hawking yang terkenal dengan teori kontroversialnya, ia merupakan salah satu lulusan terbaik dari negara Inggris. 

Selain sistem dan fasilitas pendidikannya yang mumpuni, Universitas di Inggris juga punya banyak jurusan yang anti mainstream lho, seperti jurusan Aeroscope Engineering di Cranfield University dan School of Jewellery di Birmingham University.

Dengan jurusan yang anti mainstream ini kamu bisa meniti karier lebih mudah, karena tingkat persaingannya yang masih sedikit. 

3. Jerman

Selain masuk dalam kategori negara Eropa yang murah, Jerman juga menjadi salah satu negara dengan pendidikan terbaik di dunia lho.

Jerman memiliki banyak poin yang menjadikannya salah satu negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Mulai dari konsep pembelajaran yang inovatif, fasilitas pendidikan yang canggih, serta berbagai faktor pendukung lainnya.

Negara dengan pendidikan terbaik di dunia ini juga sangat unggul dalam hal penelitian dan pengajaran. Dimana Universitas yang ada di Jerman menawarkan beragam bidang studi yang bisa kamu tempuh.

Kurikulum yang ada di Jerman juga berfokus pada aspek perubahan dengan pendekatan komprehensif. Sehingga kamu bisa berkontribusi langsung dalam sistem pembelajaran yang menarik.

Jika kamu berniat melanjutkan pendidikan di Jerman, mungkin bidang studi Sains, Teknologi dan Teknik bisa dipilih. Sebab 3 bidang pendidikan tersebut menjadi jurusan terfavorit di negara ini. 

4. Kanada

negara eropa dengan pendidikan terbaik

Apa yang kamu bayangkan jika mendengar sebuah negara bernama Kanada?

Mungkin saja kamu akan membayangkan keindahan air terjun Niagara yang sangat mendunia bukan?

Padahal, Kanada bukan hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dikenal sebagai negara dengan pendidikan terbaik di dunia.

Disana ada sebuah provinsi bernama Quebec, dimana Quebec merupakan provinsi terbesar di Kanada.

Provinsi ini mewajibkan peserta didiknya menyelesaikan pendidikan selama 2 tahun di sekolah profesional, sebelum melanjutkan program studi di Universitas.

Selain itu, pemerintah Kanada selalu memperhatikan mutu pendidikan yang ada di negaranya. Sehingga, mereka menginvestasikan dana yang cukup besar untuk mendukung program pendidikan di sana.

Kanada juga menjadi salah satu dari 3 negara top dunia yang memiliki pengeluaran terbesar untuk pendidikan umum pasca sekolah menengah .

Saat kamu memilih Kanada sebagai tujuan untuk menimba ilmu, artinya kamu telah membuat keputusan yang tepat.

Sebab, disana kamu akan mendapatkan pengalaman terbaik selama menempuh pendidikan di luar negeri.

Nah, sebelum benar-benar melanjutkan studi di Kanada, kenali dulu sistem pendidikan yang ada di sana, khususnya pada tingkat Universitas.

Sistem pendidikan tinggi di Kanada sendiri terbagi dalam 7 tingkat, diantaranya tingkat sertifikat, diploma, advanced diploma, sarjana, diploma/sertifikat pasca sarjana, magister, dan doktor (PhD).

Dimana ketujuh jenis pendidikan tinggi ini bisa ditempuh dengan waktu 1 sampai 7 tahun, tergantung jenjang studi yang kamu ambil.

5. Prancis

Terakhir, negara dengan pendidikan terbaik di dunia tahun 2021 versi Sadiskon adalah Perancis. Ternyata, Perancis bukan hanya terkenal sebagai negara yang penuh dengan keromantisan, tapi juga sistem pendidikan yang berkualitas.

Negara yang dikenal dengan menara eiffelnya ini membuat kurikulum nasional yang wajib ditempuh oleh para siswa mulai usia 6 tahun sampai dengan 16 tahun.

Setiap tahunnya, siswa-siswa di Prancis yang telah menyelesaikan pendidikan menengah atas akan mengikuti program baccalaureat. Dimana program ini sangat penting untuk pelajar agar bisa melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya. 

Kesimpulan

Itulah 5 negara dengan pendidikan terbaik di dunia tahun 2021 versi Sadiskon. Jika kamu punya rencana melanjutkan pendidikan di luar negeri, pastikan untuk memilih negara dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Sebab, keamanan yang baik bisa membuatmu fokus selama menempuh pendidikan di negeri orang. Selain itu, pertimbangkan juga masalah biaya hidup, kebebasan personal, iklim, dan layanan kesehatan yang ada di negara tersebut, agar kamu nggak kaget nantinya.

Semoga bermanfaat! 

Scroll to Top