7 Cara Memanjangkan Rambut Dengan Bahan Alami

cara memanjangkan rambut dengan bahan alami

Mau tau cara memanjangkan rambut dengan bahan alami? Kami punya rahasianya!

Punya rambut hitam, panjang dan tebal rasanya hampir menjadi dambaan setiap perempuan ya?

Sebab, punya rambut panjang dan sehat, membuat kamu bisa menata rambut dengan model apa pun. 

Kamu bisa mengikatnya, mengepang, mengeriting, meluruskan rambut, hingga menatanya dengan berbagai gaya rambut anti mainstream.

Memiliki rambut panjang juga membuatmu terlihat lebih feminim, dibandingkan dengan rambut pendek yang terlihat lebih energic

Berdasarkan survei, ternyata pria juga lebih menyukai perempuan dengan rambut panjang ketimbang pendek.

Selain itu, banyak yang bilang perempuan dengan rambut panjang adalah tipe orang yang sangat berhati-hati dan penyabar lho.

Nah, dibawah ini kami akan jelaskan bagaimana cara memanjangkan rambut dengan bahan alami. Simak sampai tuntas ya!

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Bahan Alami

1. Minyak Kelapa

Cara memanjangkan rambut dengan bahan alami yang pertama adalah menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung 4 jenis asam yang bisa menyehatkan rambut, diantaranya asam kaprat, asam laurat, asam oleat, dan asam linoleat.

Berbagai kandungan tersebut dapat menutrisi rambut kamu dan menjaganya dari kerusakan. Bukan cuma untuk rambut, minyak kelapa juga baik untuk kesehatan kulit kepala yang dapat menguatkan akar rambut.

Cara memanjangkan rambut dengan minyak kelapa ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa di rambut dan kulit kepala, kemudian pijat perlahan. 

Setelah itu, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih dan shampo untuk menghilangkan licin. Pastikan minyak kelapa yang kamu pakai adalah minyak kelapa murni agar hasilnya lebih maksimal.

2. Lidah Buaya

cara memanjangkan rambut dengan bahan alami

Cara memanjangkan rambut dengan bahan alami yang kedua adalah menggunakan lidah buaya. Ternyata, lidah buaya bukan hanya untuk menghilangkan bekas jerawat, tapi juga efektif memanjangkan rambut.

Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung unsur penting yang dapat meningkatkan kesehatan dan kesuburan rambut. Seperti kalsium dan fosfor yang dapat memperkuat rambut dari akarnya.

Sedangkan vitamin A, B1 dapat melembabkan rambut dan melancarkan peredaran darah di kulit kepala sehingga membantu proses pertumbuhan rambut. 

Bukan itu saja, kandungan lemak dan protein pada lidah buaya juga bisa membantu menebalkan rambut. Jadi, dengan kebaikan lidah buaya kamu bisa mendapatkan rambut sehat, kuat dan panjang.

Kamu hanya perlu mengupas lidah buaya dan mengambil isinya yang berbentuk jeli, kemudian usapkan di bagian rambut hingga kulit kepala dengan pijatan-pijatan lembut.

3. Putih Telur

Hobi makan makan telur? 

Sepertinya mulai sekarang kamu harus mengurangi konsumsi telur kalau mau punya rambut yang panjang. Atau menggantinya dengan makan bagian kuningnya saja.

Sebab, putih telur ternyata berguna sebagai bahan yang bisa memanjangkan rambut. Hal ini dikarenakan putih telur mengandung protein yang diyakini dapat mengatasi masalah rambut rontok dan bisa merangsang pertumbuhan rambut.

Sal

Kalau kamu berencana ingin memanjangkan rambut dengan putih telur, caranya gampang banget. 

Kamu hanya perlu menyiapkan 1 butir telur dan diambil bagian putihnya saja, setelah itu oleskan secara merata di rambut dan kulit kepala selama beberapa menit, kemudian bilas sampai bersih.

Lakukan kegiatan ini secara rutin, setidaknya 2-3 kali seminggu agar mendapatkan hasil yang optimal. 

4. Madu

cara memanjangkan rambut dengan madu

Salah satu cara memanjangkan rambut dengan bahan alami ialah memakai madu. Rasa manis dari madu ternyata bisa dimanfaatkan untuk menutrisi rambut dan kulit kepala lho.

Hal ini dibuktikan oleh beberapa merk shampo yang menggunakan madu sebagai salah satu bahan utamanya. Sebab madu bersifat antibakteri yang mampu membersihkan kulit kepala dari ketombe yang dapat merusak rambut.

Madu juga bisa mengunci kelembaban alami rambut, sehingga bisa melindungi rambut dari kerusakan. Kamu bisa menggunakan madu untuk memanjangkan rambut dengan 3 cara berbeda.

Pertama kamu bisa menggunakan madu sebagai masker rambut dengan mengoleskan madu secara merata di rambut dan mendiamkannya beberapa menit sebelum dibilas.

Kedua, kamu bisa memakai madu untuk keramas. Caranya campurkan 5 sendok makan madu ke dalam ½ liter air, kemudian kocok hingga larut. Kamu bisa menggunakannya sebagai bahan untuk keramas setiap mandi. 

Terakhir, kamu bisa mengkombinasikan madu dengan minyak zaitun untuk membuat masker rambut. 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat masker madu dan minyak zaitun adalah mencampurkan 2 sdm madu dalam 3 sdm olive oil, kemudian aduk hingga kedua bahan ini tercampur. 

Setelah itu, oleskan masker ini pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat, kemudian diamkan selama 20 menit dan bilas. Lakukan setidaknya 1 kali dalam seminggu ya.

5. Minyak Zaitun

Seperti yang telah disampaikan pada poin sebelumnya, minyak zaitun juga bisa dipakai sebagai bahan untuk memanjangkan rambut. Hanya saja, kali ini kamu tidak perlu mencampurnya dengan bahan lain.

Kamu cukup mengoleskan minyak zaitun ini di kulit kepala secara merata selama 30 menit sebelum dibilas. Hasilnya, kamu akan memiliki rambut sehat, berkilau dan panjang.

Sebab, minyak zaitun mengandung omega-3 yang bisa menjaga kesehatan rambut dan membuatnya tampak lebih tebal. Manfaat minyak zaitun ini juga bisa menjaga kelembaban rambut kamu lho, jadi nggak akan ada lagi masalah rambut singa atau bercabang.

6. Teh Hijau

cara memanjangkan rambut dengan teh hijau

Cara memanjangkan rambut dengan bahan alami yang keenam adalah menggunakan teh hijau. Jika kamu rutin menyeduh teh hijau, jangan buang ampas teh yang sudah kamu pakai ya.

Sebab, teh hijau bukan hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan saja, tapi bisa juga dipakai untuk memanjangkan rambut.

Sebenarnya kamu nggak perlu memakai teh hijau yang masih baru, kamu bisa memanfaatkan ampasnya untuk menjadikan masker rambut. 

Hanya saja, jika kamu ingin menggunakan teh hijau yang masih baru, sebaiknya diseduh terlebih dahulu, kemudian basuh seduhan teh hijau ini pada rambut dan diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih setelahnya.

Teh hijau mengandung berbagai zat yang dapat merawat kesehatan rambut, termasuk memanjangkan rambut secara efektif. 

Adapun bahan-bahan yang terkandung dalam teh hijau, diantaranya vitamin C, antioksidan, L-tanin dan polifenol yang dipercaya bisa menyuburkan rambut.

7. Alpukat

Ladies, ternyata buah yang lezat ini punya kandungan bahan yang bisa memanjangkan rambut lho. Kamu bisa memanjangkan rambut dengan alpukat menggunakan 2 cara, yakni dimakan langsung atau dibuat menjadi masker rambut.

Alpukat mengandung lemak dan vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Dengan rutin mengkonsumsi alpukat, kamu akan memiliki kulit yang sehat dan lembab, termasuk bagian kulit kepala.

Sedangkan jika kamu ingin menjadikan alpukat sebagai masker rambut, kamu hanya perlu mengerok bagian dalam buah ini kemudian dihaluskan.

Setelah halus, campurkan 1 sdt minyak zaitun, kemudian oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. 

Cara memanjangkan rambut dengan bahan alami yang terakhir ini juga punya dampak yang cukup signifikan lho, sehingga kamu perlu mencobanya.

Kesimpulan

Itukah 7 cara memanjangkan rambut dengan bahan alami yang dapat kami rangkum. Kamu bisa memilih salah satu cara diatas untuk mendapatkan rambut sehat, kuat, berkilau dan panjang tentunya.

Kuncinya, kamu hanya perlu konsisten dan terus mencobanya secara rutin. Kalau hanya dilakukan sekali, kamu nggak akan pernah punya rambut yang panjang.

Sebab, nggak ada hasil yang didapatkan secara instan. Semuanya butuh proses, termasuk ketekunan dan konsistensi yang tinggi.

Selamat mencoba!

Scroll to Top