Cari Penghasilan Tambahan? Inilah 14 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

14 Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

Bu, kalo nggak ngapa-ngapain di rumah itu rasanya bosan banget ya. Masak udah, nyuci gosok beres, rumah kinclong, anak juga udah tidur. 

Terus kalau semuanya udah dikerjain, ibu mau rebahan gitu aja?

Daripada ibu rebahan terus, mending buka usaha sampingan biar bisa bantu suami, atau setidaknya punya penghasilan sendiri.

Oya, kelebihan buka usaha di rumah ialah lebih fleksibel. Jadi ibu bisa sambil ngurus pekerjaan rumah dan menjaga anak-anak.

Nggak seperti saat ibu bekerja diluar, mau tidak mau ibu meninggalkan anak-anak di rumah bersama neneknya atau pengasuh. 

Memangnya ibu mau terus menerus menitipkan si kecil ke orang tua kita yang sudah renta? Kalau hanya sesekali mungkin nggak masalah, tapi kalau setiap hari kasihan juga bu.

Jadi, yuk simak beberapa rekomendasi usaha sampingan berikut ini, agar ibu bisa lebih produktif.

Cekidot!

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

  1. Freelancer (writer, editor, translator)

Usaha sampingan ibu rumah tangga yang pertama adalah freelancer. Di era digital seperti sekarang, memanfaatkan teknologi dan internet untuk menghasilkan uang bisa jadi pilihan.

Sebagai freelancer ibu bisa menjadi penulis artikel (writer), jasa edit video atau desain grafis, juga bisa menjadi translator jika ibu menguasai beberapa bahasa.

Karena saat ini banyak sekali perusahaan yang membuka jasa sebagai penulis, editor, dan translator lepas lho. Jadi, usaha ini mungkin bisa anda coba.

  1. Usaha Makanan (catering, kue)

Sebagai ibu rumah tangga pasti anda suka dengan kegiatan memasak. Nah, hal ini bisa anda manfaatkan untuk membuka usaha makanan, seperti catering atau jasa membuat kue.

Tawarkan keahlian memasak anda pada tetangga, siapa tau tetangga ada yang butuh jasa catering untuk acara syukuran dan lain-lain.

  1. Membuat Kerajinan Tangan

Ibu-ibu kreatif mana suaranya? 

Membuat kerajinan tangan adalah hal yang menyenangkan lho bu, apalagi kalau hasil kerajinan tangan anda bisa dijual dan menghasilkan pundi-pundi uang, akan terasa lebih menyenangkan lagi bu.

Ibu cukup memposting karya tangan kreatif anda melalui akun media sosial atau di e-Commerce, untuk menjual karya-karya milik anda dengan jangkauan yang lebih luas.

  1. Menjadi Reseller atau Dropshiper

Saat ini menjadi reseller atau dropshiper masih sangat digemari, khususnya kaum milenial. Pasalnya, dengan menjadi reseller atau dropshiper anda tak perlu menyetok barang yang akan dijual.

Tugas anda hanya menawarkan produk dagangan ke calon pembeli. Jika ada yang berminat, anda tinggal konfirmasi dan pesan ke pemilik barang. 

Biasanya si pemilik produk akan mengirimkan barang ke pembeli dengan menggunakan nama anda. 

  1. Bisnis Fashion

Selain menjadi reseller, membuka bisnis fashion juga masih memiliki peluang untuk bisa menghasilkan uang lho bu. Misal jual baju gamis modern, hijab kekinian, atau lain-lain. 

  1. Buka Jasa Les / Bimbel

Lulusan Sarjana tapi nggak kerja? 

Nggak masalah bu, anda bisa membuka jasa les atau bimbingan belajar di rumah. Bisa juga sekaligus menjadi guru ngaji untuk anak-anak di lingkungan anda.

Terkadang banyak orang tua yang malas mengajarkan anak-anaknya langsung, mereka lebih memilih mengeluarkan uang untuk kursus atau les. 

Nah, kondisi seperti ini justru bisa ibu jadikan peluang bisnis untuk mencari tambahan uang jajan si kecil. 

  1. Buka Jasa Make Up

Kalau anda mahir bermake up, sebaiknya salurkan kemahiran anda dengan membuka jasa make up bu. Seperti jasa make up wisuda, kondangan, acara 17-an atau sebagainya. 

Siapa tahu dengan buka jasa make up kecil-kecilan, suatu saat anda bisa membuka jasa rias pengantin. Aamiin

  1. Buka Jasa Menjahit

Buat anda yang bisa menjahit, membuka jasa jahit adalah pilihan yang bagus. Pasalnya, nggak semua orang bisa menjahit, sehingga keahlian ini masih bisa dijadikan peluang usaha oleh anda. 

  1. Buka Warung

Usaha sampingan ibu rumah tangga yang ke-9 ini rasanya paling mudah. Anda hanya perlu mengubah ruang tamu atau teras depan rumah menjadi warung kecil-kecilan (toko kelontong) dengan menjual berbagai kebutuhan pokok. 

Bisa juga dibarengi dengan jualan es atau frozen food dengan memanfaatkan kulkas yang anda miliki. 

  1. Jasa Laundry Kiloan

Mau punya usaha Laundry

Coba mulai dari buka jasa laundry kiloan dari rumah. 

Anda bisa menawarkan jasa laundry ke teman-teman atau tetangga sekitar yang sibuk bekerja dan tidak punya waktu untuk cuci-gosok. 

Syukur-syukur kalau punya dana yang cukup, ibu bisa membuka usaha laundry yang lebih besar dan menguntungkan.

  1. Bisnis Pulsa

Sekarang hanya dengan pencet-pencet hp anda bisa menghasilkan uang lho bu, salah satunya dengan berjualan token,pulsa dan kuota all operator

Karena nggak bisa dipungkiri lho bu, sejak orang-orang melek internet, mereka lebih sering membeli pulsa atau kuota agar bisa terus internetan (main sosmed, youtube, tiktok, dll). 

  1. Waralaba / Franchise

Kalau ibu punya biaya cukup, membuka usaha waralaba atau franchise bisa jadi pilihan yang juga menguntungkan. 

Bagaimana tidak, anda tak perlu menyiapkan sendiri barang dan bahan untuk berjualan, semuanya sudah disiapkan si pemilik bisnis. 

Anda cukup membayarkan sejumlah uang untuk mendapatkan semua kebutuhan dagang, dan mulai berjualan dengan nyaman. 

  1. Bisnis Tanaman Hias

Akhir-akhir ini berjualan tanaman hias menjadi bisnis yang banyak diminati bukan hanya oleh ibu-ibu, tapi juga kaum adam yang menyukai tanaman hias.

Dengan merawat tanaman hias dan kemudian dijual, anda bisa mendapatkan uang mulai dari puluhan ribu bahkan sampai jutaan rupiah, tergantung jenis tanaman hias yang dijual.

  1. Content Creator

Terakhir, memanfaatkan youtube untuk menghasilkan uang adalah salah satu cara yang menyenangkan. Ibu cukup membuat berbagai video sesuai dengan hobi dan keahlian anda. 

Bisa video turorial make up, resep dan tutorial memasak, mukbang, riview produk, daily activity, atau lain-lain. Ibu tinggal menyesuaikannya dengan keahlian dan keinginan anda.

Kesimpulan

Itulah 14 rekomendasi usaha sampingan ibu rumah tangga yang patut anda coba. Semoga dengan beberapa rekomendasi diatas, ibu bisa membantu perekonomiam keluarga ya.

Salam,

Mei

JANGAN KETINGGALAN PROMO TERBARU

Daftarkan emailmu untuk menerima promo, kode kupon, voucher dan informasi belanja terbaru dari Sadiskon. Gratis!

Scroll to Top