10 Tempat Wisata Murah Meriah Di Jabodetabek yang Wajib Dikunjungi!

Tempat Wisata Murah Meriah Di Jabodetabek

Jabodetabek adalah singkatan dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Sebutan Jabodetabek mungkin sangat familiar di telinga orang-orang Indonesia.

Kota-kota ini selalu dipenuhi dengan hiruk pikuk kehidupan. Mulai dari kepadatan penduduk dan kemacetan yang ada dimana-mana.

Nggak heran warga Jabodetabek membutuhkan sedikit hiburan untuk menghilangkan kepenatan. 

Tapi tenang saja, Jabodetabek nggak selalu dikenal dengan keburukannya kok. Karena Jabodetabek juga punya tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata yang mahal sampai murah ada disini.

Hanya saja dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tempat wisata murah meriah di jabodetabek yang wajib kamu kunjungi, untuk sekedar melepas lelah dan menghilangkan kepenatan.

Tempat Wisata Murah Meriah Di Jabodetabek

  1. Kebun Binatang Ragunan
kebun binatang ragunan tempat wisata murah meriah di jakarta

Tempat wisata murah meriah di Jabodetabek yang kami rekomendasikan pertama adalah Taman Margasatwa Ragunan atau yang lebih dikenal dengan Kebun Binatang Ragunan.

Tempat wisata ini terletak di selatan Jakarta. Memiliki tema wisata flora dan fauna, kamu bisa mengenal macam-macam binatang yang di Dunia, khususnya Indonesia.

Luas tanah kebun binatang ini ditaksir mencapai 140 hektar dengan 270 spesies binatang dan 170 jenis tanaman di dalamnya. HTM nya pun sangat terjangkau, yaitu Rp. 4.000 untuk 1 orang dewasa dan 3.000 untuk anak-anak.

  1. Monumen Nasional (Monas)
monumen nasional

Monas adalah singkatan dari Monumen Nasional yang letaknya ada di pusat Jakarta. Monumen ini punya ketinggian sekitar 32 meter yang menjadikannya sebuah Ikon atau simbol kota Jakarta.

Untuk bisa berwisata ke Monas kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000 saja. Sedangkan harga tiket masuk (HTM) untuk anak-anak dan mahasiswa hanya dikenakan biaya Rp. 3.000.

Tapi kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp.10.000 lagi jika ingin naik ke atas puncak Monas. Tempat wisata murah ini buka setiap hari dari pukul 8 pagi – 3 sore.

  1. Setu Babakan
setu babakan

Setu Babakan adalah salah satu wisata murah yang ada di Jakarta Selatan, tepatnya di Srengseng Sawah kecamatan Jagakarsa. 

Ini merupakan wisata budaya perkampungan betawi yang terdapat setu atau danau di tengahnya. Luas danau buatan ini sekitar 30 hektar dengan kedalaman 1-5 meter, dimana sumber airnya didapat dari aliran kali ciliwung.

Di Sepanjang setu terdapat warung-warung yang menjual berbagai souvenir dan makanan khas betawi, serta permainan anak-anak. 

Bukan cuma itu, di tengah danau terdapat sepeda air yang bisa kamu sewa untuk mengelilingi setu babakan (sesuai yang ditentukan petugas). 

Apalagi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bisa berwisata ke Setu Babakan. Kamu cukup mengeluarkan uang parkir sekitar Rp. 2.000 – Rp. 5.000 untuk kendaraan bermotor (sepeda motor dan mobil).

  1. Kebun Raya Bogor
kebun raya bogor

Tempat wisata murah meriah selanjutnya adalah Kebun Raya Bogor. Sama seperti monas, Kebun Raya Bogor juga dijadikan salah satu Icon Kota Bogor yang mudah diingat. 

Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Bogor pernah mendatangi atau mengetahui Kebun Raya Bogor. Hal ini karena letaknya yang ada di pusat kota Bogor, yang membuatnya sangat strategis untuk dikunjungi.

Untuk bisa masuk ke Kebun Raya Bogor kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 14.000 per orang. Di dalam tempat wisata ini kamu bisa menemukan lebih dari 15.000 jenis tumbuhan yang tumbuh subur.

Sangat cocok untuk kamu yang suka piknik bersama keluarga, karena suasana di Kebun Raya Bogor sangat asri dengan ribuan pohon yang menjulang tinggi.

  1. Kota Tua
kota tua

Selain Monas, ternyata kota tua juga dijadikan Ikon Ibukota Jakarta. Kota tua merupakan tempat wisata murah meriah dengan berbagai peninggalan sejarah di dalamnya. 

Kamu bisa mengunjungi berbagai museum yang ada di Kota Tua, seperti museum Fatahillah, museum Bank Mandiri, toko merah, rumah akar, dan berbagai destinasi lainnya.

Untuk bisa mengunjungi wisata kota tua kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun. Hanya saja jika ingin masuk ke berbagai museum yang ada di sana, kamu perlu menyiapkan dana sebesar Rp. 5.000 per orang per museum.

  1. Kolam Renang Ceria Depok
kolam renang ceria depok

Ada kabar gembira buat warga Depok dan sekitarnya. Untuk kamu yang suka berenang dan bermain air, Kolam Renang Ceria Depok adalah tempat yag tepat untuk dikunjungi.

Cukup dengan biaya Rp. 25.000 per orang, kamu bisa meluncur sepuasnya di waterboom yang ada disana. Selain itu, disediakan juga pelampung dan berbagai perlengkapan renang yang bisa di sewa dan dibeli.

Jadi nggak perlu khawatir jika kamu pergi berenang membawa sikecil, karena bisa menyewa pelampung biar nggak tenggelam. 

Bukan cuma itu, kolam renang yang ada di sana juga sudah dibagi berdasarkan usia (dewasa dan anak-anak), jadi kamu tinggal memilih sesuai dengan usia dan kedalaman yang diinginkan.

  1. Taman Kota 2 BSD
taman kota bsd

Taman kota 2 yang ada di BSD akhir-akhir ini sangat menarik perhatian para wisatawan lokal untuk berkujung. Pasalnya, tempat wisata yang berada di Kota Tagerang Selatan ini baru direvitalisasi.

Sungai yang ada sisi taman ini disulap menjadi tempat nongkrong yang asyik bagaikan sungai Cheonggyecheon di Korea Selatan. 

Nggak heran tempat ini dipilih oleh warga sekitar untuk berwisata, jalan-jalan santai, atau sekedar berswafoto. 

Untuk bisa nongkrong dan foto-foto di Taman Kota (Tamkot) kamu cukup membayar Rp. 2.000 – Rp. 5.000 untuk sekedar parkir kendaraan.

  1. Curug Parigi Bekasi
curug parigi bekasi

Pernah dengan istilah ‘Pelanet’ yang disematkan pada kota Bekasi? Hal ini bermula ketika cuaca di Bekasi yang sangat berbeda jauh dengan kota-kota lain dinsekitarnya.

Wajar saja Bekasi dinilai punya suhu udara yang lebih panas ketimbang kota lain. Sebab, banyak pabrik dan industri besar yang ada di kota ini sehingga menyebabkan cuaca disana lebih panas.

Padahal nggak cuma pabrik-parik saja yang ada Bekasi. Kota ini juga punya tempat wisata murah meriah yang bernama Curug Parigi. 

Curug ini berada tidak jauh dari tempat pengolahan sampah (TPS) Bantar Gebang – Bekasi.

Meskipun berada di kawasan Bantar Gebang yang identik dengan TPS, tapi curug parigi ini disebut-sebut sebagai miniatur air terjun Niagara yang sangat terkenal di luar negeri akan keindahannya.

Penasaran untuk lihat keindahan pesona alam Bekasi? Lansung saja kunjungi curug parigi!

Untuk bisa masuk ke kawasan ini kamu akan dikenakan biaya Rp. 5.000 saja per orang.

  1. Gunung Kapur
gunung kapur ciseeng

Kalau sebelumnya wisata murah meriah dari Bekasi menawarkan keindahan dan kesejukan  air terjun (curug), di Bogor ada gunung kapur yang menawarkan wisata mandi air panas.

Saat berendam di air panas, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan indah gunung kapur yang memanjakan mata. 

Jika kamu ingin berwisata murah dengan mengajak orang tua, gunung kapur adalah pilihan yang pas. 

Sebab orang tua kamu bisa mandi air panas yang didapatkan langsung dari sisa letusan gunung berapi ratusan tahun lalu. 

Mandi air belerang dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit, khususnya penyakit kulit seperti gatal-gatal dan lain-lain.

Untuk bisa menikmati hangatnya berendam air belerang, kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 8.000 saja untuk dewasa dan Rp. 6.000 untuk anak-anak.

  1. Masjid Dian Al-Mahri (Kubah Emas)
masjid kubah emas

Terakhir ada tempat wisata murah meriah dari Depok, yakni Masjid Dian Al-Mahri atau yang lebih dikenal dengan Masjid Kubah Emas. 

Masjid yang ada di daerah Meruyung – Depok ini memiliki luas bangunan sekitar 8.000 m² dan dibangun diatas tanah seluas 70 hektar. Nggak heran kalau masjid ini disebut-sebut sebagai masjid dengan luas area terbesar di Jabodetabek.

Disana kamu bisa menikmati keindahan bangunan masjid dengan kubah yang dilapisi emas 24 karat. 

Selain itu, kamu bisa datang mendekati waktu shalat untuk dapat mengikuti shalat berjamaah di masjid megah ini. Dimana masjid ini mampu menampung jamaah hingga 20.000 orang sekaligus.

Bukan itu saja, disana ada banyak photographer yang bisa membantu kamu mengabadikan momen kunjungan di Masjid Kubah Emas. 

Untuk bisa masuk dan wisata religi di Masjid Dian Al-Mahri, kamu cukup menyiapkan biaya sebesar Rp. 15.000 per kendaraan.

Nah, itulah 10 rekomemdasi tempat wisata murah meriah di Jabodetabek yang bisa kamu kunjungi. 

Selain 10 tempat diatas, masih ada banyak tempat wisata murah meriah di Jabodetabek yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. 

Akam tetapi, 10 rekomendasi di atas setidaknya sudah mewakili tempat wisata murah dan terbaik di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Selamat berwisata!

Salam,

Mei

JANGAN KETINGGALAN PROMO TERBARU

Daftarkan emailmu untuk menerima promo, kode kupon, voucher dan informasi belanja terbaru dari Sadiskon. Gratis!

Scroll to Top