scroll untuk lanjut membaca
13 Jul 2023

Kode Voucher Shopee Diskon 100 Persen? Cek Faktanya!

Diskon 100% ada?

Artikel ditulis oleh Kang Akhyar

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!

Diskon memang selalu menarik buat diburu. Termasuk kode voucher Shopee diskon 100 persen... Kalo bisa! Tapi emang ada ya diskon 100%? Kita cek faktanya yuk!

Sifat Alami: Suka Hemat

Suka dengan hal-hal yang murah sudah jadi sifat alami hampir semua orang. Makanya, sering banget kita dengar kata-kata "yang murah tapi bagus". Apalagi emak-emak, beda harga gopek aja, pasti bakal disamperin tuh walaupun jauh. Bener gak?

Balik lagi ke Laptop topik. Dari data internal Sadiskon, ternyata banyak lho netizen yang nyari diskon Shopee 100%! Tapi pertanyaannya, apa mungkin ada ?

Oke, kita bongkar dulu satu-satu ya..

Apa itu Diskon?

Diskon itu, yang dikenal di masyarakat adalah potongan harga kan? Besaran harga yang harus dibayar dikurangi nominal tertentu yang akhirnya si pembeli jadi lebih hemat. Gitu kan?

Sedangkan angka persen setelahnya adalah besar nilai potongan dari persentasi harga.

Contoh:

Harga barang Rp 50.000, diskon 50%. Artinya yang harus dibayar sama pembeli itu adalah Rp 50.000 dikurangi 50% dari 50.000 kan? Berarti Rp 50.000 - Rp 25.000. Jadi pembeli cukup bayar Rp 25.000 aja.

Bener gitu?

Masuk akal ya?

Terus... Kalo Diskon 100%?

Diskon 100% apa mungkin?

Kalo pake contoh di atas, dengan harga barang Rp 50.000 dan diskon 100%, berarti yang harus dibayar sama pembeli Rp0. Alias gratis? Tapi masa iya?

Gak mustahil memang ada barang yang bisa didapatkan tanpa harus bayar, alias gratis. Misalnya giveaway di sosmed, undian berhadiah atau contoh lain.

Tapi dalam konteks Shopee, kayaknya belum pernah ada ya barang gratis yang beneran gratis tanpa keluar uang?

Misalnya bonus produk dari Official store tertentu. Iya bonusnya gratis. Tapi biasanya mereka kasih setelah pembeli melakukan minimal transaksi nominal tertentu atau produk tertentu.

Contoh lain, promo yang paling heboh di Shopee nih. Flash Sale Mobil harga Rp1. Hmmm.... iya sih hampir gratis, tapi gak bisa juga dibilang diskon 100% kan?

Yang Mungkin Itu...

Yang paling mungkin terjadi di Shopee, dan di marketplace lain, adalah salah satu skenario ini:

  • Diskon Ongkir 100% atau sama dengan Gratis Ongkir
  • Diskon minimal belanja Rp0
  • Garansi 100% uang kembali kalo barang gak ori
  • dll

Kesimpulannya

Jadi memang sejauh ini belum ada diskon Shopee 100% ya. Kecuali mungkin giveaway dari tokonya atau yang paling mungkin terjadi adalah Flash Sale Rp1. Tapi semuanya gak bisa dikategorikan sebagai diskon 100% menurut saya.

Tetap atur pengeluaran, dan jadi pembeli cerdas. Salam.

Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!