scroll untuk lanjut membaca
17 May 2023

Erek erek Kompor Gas, Jangan Galau Kalau Kompor Susah Menyala, Coba Solusi Ini

Memperbaiki kompor gas tidak mau menyala api biru

Artikel ditulis oleh Kang Akhyar

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!

Bayangkan ketika anda mau masak sarapan, tiba-taba kompor gas susah menyala. Padahal tabung gas masih penuh, dan sebelumnya gak ada masalah. Kadang kendala semacam ini bikin repot. Nah, sebelum cari jasa service kompor gas panggilan terdekat, ada baiknya cek dulu hal-hal berikut ini yang kemungkinan bisa diperbaiki sendiri di rumah.

Memperbaiki Kompor Tidak Mau Menyala

Cek Pemantik Kompor Gas

Pemantik kompor kadang disebut juga erek erek kompor, magnet kompor atau cetekan kompor gas. Nah, biasanya ketika terjadi masalah kompor susah menyala padahal gas masih penuh, kemungkinan pertama yang rusah adalah pemantiknya. Tapi pastikan ada suara berdesis (sss....) aliran gas keluar dari tungkunya ya!

Pemantik ini bisa diganti sendiri kok, cukup modal obeng saja dan sedikit keberanian untuk ngoprek aja. Harga pemantik kompor gas ini terbilang murah ya, mulai dari 4 ribuan sampai 40 ribuan, tergantung jenis kompor dan paket lengkap atau pretelannya saja.

Ini contoh beberapa tipe yang bisa dibeli, disesuaikan saja dengan tipe kompor yang dimiliki.

Pakai Korek Api Pemantik

Masih berhubungan dengan poin pertama, jika anda bukan tipe orang yang suka bongkar-bongkar, baiknya gunakan opsi kedua ini. Yaitu pakai korek api. Tapi jangan sembarang korek api, karena kalau pakai korek api biasa, bisa-bisa kulit tangan kena samber api lagi! Kan berabe?

Pakai korek khusus untuk menyalakan kompor. Bentuk koreknya agak panjang, jadi aman dari kemungkinan kulit kesamber api. Harganya juga murah, mulai 7 ribuan jika dibeli di online.

Cek Regulator

Jika pemantik masih bagus, kemungkinan lain yang bikin kompor susah dinyalakan adalah regulator mampet. Jika regultro mampet, maka gas tidak naik ke kompor. Hal ini bisa karena posisi pemasangan yang kurang pas, atau memang regulatornya sudah rusak.

Coba lepas regulator dari tabung gas, lalu goyang-goyangkan atau dikocok sebentar. Biasanya terdengar suara 'klotek klotek'. Setelah itu coba pasang lagi regulatornya ke tabung gas. Cek apakah ada suara gas mengalir di kompor gas? Ada suara desis, kemungkinan kompor sekarang bisa dinyalakan.

Jika harus ganti regulator, sebaiknya gunakan regulator bermerk atau pakai model regulator berpengaman yang lebih mudah dipasang.

Cek Tungku Apakah Kotor dan Lembab?

Hal terakhir yang bisa anda cek jika kompor gas tidak mau menyala yaitu bagian tungkunya. Kadang-kadang ketika memasak, tungku terkena cipratan minyak atau luapan air dari panci atau wajan. Nah, ini bisa menyebabkan tungku dan saluran gasnya mampet. Nah, coba bersihkan tungku kompor dari minyak dan kotoran.

Selain membantu memperbaiki lancarnya aliran gas di kompor, pembersihan tungku juga bisa membuat api kompor jadi api biru yang lebih panas.

Barang-barang yang bisa dibeli

Berikut ini barang-barang yang bisa dibeli saat kompor gas bermasalah dan susah menyala.

Korek Panjang Pemantik Gas

Rekomendasi Produk
Korek Khusus Kompor GasKorek Khusus Kompor GasRp 10.000

Pemantik Kompor

Rekomendasi Produk
Pemantik Kompor 1 SetPemantik Kompor 1 SetRp 39.000
Rekomendasi Produk
Kabel Pemantik KomporKabel Pemantik KomporRp 6.500
Rekomendasi Produk
Tombol Knob Cetekan Kompor GasTombol Knob Cetekan Kompor GasRp 2.500

Regulator Destec

Rekomendasi Produk
Regulator Kompor gas Destec + SelangRegulator Kompor gas Destec + SelangRp 89.000

Itulah tadi cara mengatasi kompor gas yang tidak mau menyala. Dengan mengecek satu-persatu mulai dari pemantik (erek-erek kompor gas), regulator hingga membersihkan bagian tungku.

Jika cara di atas tidak berhasil, bawalah ke tempat service kompor gas atau pertimbangkan membeli kompor baru.

Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!