scroll untuk lanjut membaca
16 Dec 2023

Bukan Tebak-tebakan, Ternyata Ini Cuka Yang Rasanya Manis

Cuka balsamic yang rasanya manis

Artikel ditulis oleh Mei Anisa

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!

Kalau kamu lagi nyari jawaban tebak-tebakan "Cuka apa yang rasanya manis", mungkin kamu akan menemukan jawabannya adalah "cuka sama kamu". Yap! tebak-tebakan yang bisa bikin salting lawan jenis pastinya!

Tapi...

Di artikel ini kita bukan mau bahas tebak-tebakan gombal ya hehe.. Karena ternyata, memang beneran ada cuka yang rasanya manis lho! Mau tau?

Rasa Cuka Asam

Kita tau, asam adalah rasa paling dominan dari cairan cuka. Tak heran memang, sebab proses pembuatan cuka melibatkan fermentasi yang menghasilkan sejumlah kandungan asam asetat. Sehingga rasa cuka akan dominan asam.

Bahan pembuatan cuka bermacam-macam, umumnya dari buah-buahan atau biji-bijian. Misalnya cuka yang terbuat dari anggur, cuka apel dan ada juga cuka dari beras.

Nah, jika kandungannya saja asam asetat, apa mungkin ada jenis cuka yang rasanya manis?

Cuka Yang Manis

Dilansir dari berbagai sumber, ada salah satu jenis cuka yang rasanya manis. Memang tidak 100% manis, karena tetap saja karakter cuka akan ada rasa asamnya.

Nama jenis cuka ini adalah Cuka Balsamic atau balsamico. Cuka ini mempunyai rasa perpaduan antara manis dan asam jika dibanding dengan jenis cuka-cuka lainnya.

Cuka Balsamic dibuat langsung dari anggur dan tidak mengandung alkohol, sehingga cuka ini bisa dibilang cuka halal untuk orang muslim.

Meskipun ada sejumlah merk cuka Balsamic yang dibuat dengan menambahkan wine, yang berarti mengandung alkohol.

Ciri cuka balsamic bisa dilihat dari warnanya yang cenderung kehitam-hitaman. Seperti halnya cuka apel yang bermanfaat untuk kesehatan, cuka balsamic juga diketahui mempunyai manfaat membantu menurunkan kolesterol serta melancarkan pencernaan.

Dari semua jenis cuka buah, cuka balsamic termasuk cuka paling manis. Biasanya dipakai untuk saus salad.

Selain balsamic, ada juga jenis cuka lain yang relatif manis. Berikut ini daftarnya, termasuk cuka balsamic.

Rekomendasi Produk
Saporito Balsamic VinegarSaporito Balsamic VinegarRp 83.000

Jenis Cuka Yang Mempunyai Rasa Manis

1. Cuka Balsamic

Cuka yang terbuat dari anggur dan tanpa kandungan alkohol. Paling manis dari semua cuka.

2. Cuka Apel

Cuka apel memiliki rasa manis dan asam, meski tidak semanis cuka balsamic.

3. Cuka Anggur Merah

Meskipun sama-sama berasal dari buah anggur, cuka anggur merah dan balsamic memiliki karakter yang berbeda. Cuka anggur merah mempunyai rasa yang lembut dan warna yang lebih terang dari balsamic. Selain itu, cuka anggur merah bisa digunakan sebagai saus salad dan juga marinasi / marinade.

4. uka Delima

Sesuai namanya, cuka delima terbuat dari buah delima yang difermentasikan. Mengandung lebih banyak antioksidan dari jenis cuka buah lainnya, bahkan 3 kali lipat dari antioksidan yang dikandung teh hijau.

Nah, jadi ternyata cuka yang rasanya manis bukan sekedar tebak-tebakan ala-ala raja gombal saja ya. Memang ada jenis cuka buah yang mempunyai karakter manis.

Tapi jangan lupa, meskipun manis, karakter asli dari cuka tetaplah asam sehingga tidak mungkin manis 100%.

Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!