scroll untuk lanjut membaca
21 Jan 2024

Kode Kupon vs Kode Voucher, Beda atau Sama? Yuk Simak Penjelasannya

Apa itu kupon, apa itu voucher? apa bedanya?

Artikel ditulis oleh Bang Midi

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!

Kupon dan voucher adalah dua istilah yang sering kita dengar dalam dunia belanja, baik offline maupun online. Kalau kamu termasuk pejuang hemat, kamu pasti tidak asing dengan dua istilah ini.

Meskipun keduanya memberikan keuntungan bagi pemegangnya, ada beberapa perbedaan penting antara kupon dan voucher yang perlu kita pahami. Yuk kita bahas!

Perbedaan Kupon dan Voucher

Disclaimer:

Definisi berikut ini tentang kupon adalah berdasarkan penjelasan baku yang dipahami luas. Namun dalam beberapa konteks, bisa jadi definisi kupon dan voucher akan berbeda.

Apa itu kupon?

Kupon adalah karcis yang dapat ditukarkan dengan barang atau untuk membeli barang dan sebagainya. Dalam beberapa hal, belanja dengan menggunakan kupon merupakan cara yang paling praktis.

Kupon dapat digunakan lebih dari 1 kali pemakaian dan lebih dari 1 customer. Nilai diskon Kupon dapat diseting nilai fix amount ataupun dalam persentase diskon. Kupon dapat diseting tanggal masa expired.

Apa itu Voucher?

Voucher adalah dokumen atau kode yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk mendapatkan produk atau jasa tertentu secara gratis atau dengan harga yang lebih rendah. Voucher hanya dapat digunakan untuk 1 kali pemakaian dan maksimal oleh 1 customer.

Nilai discount Voucher hanya dapat diseting nilai fix amount. Voucher tidak ada tanggal masa expired.

Kupon dan Voucher Saat Belanaja Online

Dalam konteks e-commerce atau belanja online, kupon adalah dokumen atau kode yang memberikan diskon atau keuntungan lainnya kepada pemegangnya saat membeli produk atau jasa tertentu. Ketika mengaktifkan Kupon Produk, diskon/promosi hanya dapat digunakan pada produk yang telah dipasangi kupon sebelumnya.

Sedangkan voucher memiliki fungsi yang hampir sama dengan kupon. Namun, voucher biasanya hanya dapat digunakan untuk satu kali pemakaian dan maksimal oleh satu pelanggan. Ketika mengaktifkan Voucher Toko, maka pembeli bisa menggunakan voucher tersebut untuk semua jenis produk di toko.

Dan selalu dicatat bahwa penggunaan istilah ini mungkin berbeda-beda tergantung pada platform e-commerce dan lokasi. Misalnya kupon Tokopedia, voucher Shopee, dan sebutan lain tergantung dari platform e-commerce-nya.

Jadi, selalu lebih baik untuk memeriksa syarat dan ketentuan kupon atau voucher secara spesifik sebelum kamu menggunakannya untuk berhemat.

Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!