scroll untuk lanjut membaca
16 Jan 2023

Ternyata Ini Arti Free Ongkir dan Asal-usulnya

Arti Free Ongkir

Artikel ditulis oleh Kang Akhyar

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!

Jika kamu terbiasa belanja online di aplikasi seperti Shopee, Tokopedia atau Lazada pasti kamu tidak asing lagi dengan istilah free ongkir atau gratis ongkir. Misalnya gratis ongkir Shopee.

Istilah ini sangat akrab di telinga para pembeli online, juga para penjual online.

Istilah ini semakin populer bahkan sampai nenek, oma, dan orang tua di desa pun tidak asing lagi dengan istilah satu ini.

Tapi, pernah gak kamu penasaran dari mana asal usul kata Free Ongkir dan Gratis Ongkir ini?

Free Ongkir Artinya Gratis Ongkir

Loh muter muter dong? 😀

Oke, kita bedah bareng-bareng ya..

Asal Usul Free Ongkir

Pertama kita bahas kata Free yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti Gratis, atau Bebas.

Sedangkan Ongkir sendiri adalah sebuah singkatan yang muncul setelah era belanja online menjadi tren di masyarakat Indonesia.

Berasal dari dua kata yaitu Ongkos dan Kirim. Sehingga disingkat jadi OngKir.

Kamu pastinya sudah tahu arti kata ongkos. Ya! Ongkos seperti halnya ketika kamu naik angkutan umum, kamu akan dikenakan ongkos alias biaya yang harus dibayarkan.

Nah, di belanja online atau belanja daring karena jarak penjual dan pembelia yang berjauhan. Bukan cuma beda kecamatan, beda kota bahkan beda pulau. Maka agar barang bisa diterima oleh pembeli diperlukanlah jasa ekspedisi, atau pengiriman.

Sehingga di awal-awal tren belanja online masuk ke Indonesia ongkos kirim ini menjadi kendala terbesarnya. Kenapa? Karena neagara kita sangat luas, terpisahkan selat dan lautan. Sehingga pasti biaya pengiriman akan sangat besar.

Penjelasan Free Ongkir

Free Ongkir Artinya Gratis Ongkir

Apa itu Free Ongkir?

Yang dimaksud Gratis Ongkir atau Free Ongkir artinya promosi yang diberikan oleh penjual online atau aplikasi toko online berupa pengiriman barang belanjaan tanpa dikenakan biaya pengiriman.

Jadi pembeli cukup bayar barangnya saja, sedangkan biaya pengirimannya Rp 0 alias gratis.

Apakah Free Ongkir sama dengan Gratis Ongkir?

Ya, Free ongkir juga sering disebut gratis ongkir. Ada istilah lain juga yang populer khusus nya di aplikasi Tokopedia, yaitu Bebas Ongkir.

Free Ongkir Tapi kok Masih Suruh Bayar Ongkos kirim?

Ada beberapa penjualan yang memberlakukan syarat untuk promo free ongkirnya. Misalnya untuk bisa dapat gratis ongkir harus belanja dulu minimal Rp 50.000 atau jumlah lain. Nah, jika syarat tidak terpenuhi maka kemungkinan besar kamu gak bisa menikmati promo Free Ongkir.

Kalau Freeong artinya apa sama juga?

Kebiasaan orang Indo memang suka menyingkat. Free Ongkir sendiri sudah hasil singkatan dari Free ongkos kirim, tapi ada juga yang tambah menyingkat jadi freeong.

Apa Bahasa Inggrisnya Gratis Ongkir?

Yang pasti bukan free ongkir ya hehe.. Gratis Ongkir bahasa Inggrisnya adalah Free Shipping atau free shipping cost, bisa juga free delivery.

Kesimpulan

Nah, sekarang sudah bisa diambil kesimpulannya kan?

Gratis Ongkir atau Free Ongkir artinya promosi yang diberikan oleh penjual online berupa pengiriman barang belanjaan tanpa dikenakan biaya pengiriman.

Meskipun makin ke sini, istilah free ongkir gak selalu 100% free. Kadangkala free ongkir berarti hanya potongan ongkos kirim, bukan gratis seluruhnya.

Jika kamu suka promo gratis ongkir, yuk cek promo terbaru gratis ongkir hari ini di Sadiskon

Gabung Komunitas Hemat di Sosial Media
Ayo!